Waspada
Waspada » PDAM Tirta Tamiang Atasi Krisis Air Bersih Warga Tupah
Aceh

PDAM Tirta Tamiang Atasi Krisis Air Bersih Warga Tupah

Pelaksanaan pemasangan perpipaan air bersih di Kampung Tupah, Kec Karang Baru, Aceh Tamiang. PDAM Tirta Tamiang atasi krisis air bersih warga Tupah. Waspada/Ist
Pelaksanaan pemasangan perpipaan air bersih di Kampung Tupah, Kec Karang Baru, Aceh Tamiang. PDAM Tirta Tamiang atasi krisis air bersih warga Tupah. Waspada/Ist

KUALASIMPANG (Waspada): PDAM Tirta Tamiang akan menyalurkan kebutuhan air bersih untuk puluhan rumah warga Kampung Tupah, Kecamatan Karang Baru, Kabupaten Aceh Tamiang, Kamis (8/10).

Program tersebut juga bersinergi dengan Pemerintah Daerah Aceh Tamiang yang sekarang sedang melakukan pengembangan jaringan perpipaan air bersih di lintasan Kampung Tupah. Kegiatan pemasangan saluran perpipaan tersebut dilaksanakan melalui Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Aceh Tamiang.

Kepala Bagian Teknik PDAM Tirta Tamiang, Amirul kepada Wartawan mengatakan, pengembangan jaringan perpipaan saluran air bersih tersebut juga dilakukan dibeberapa lokasi lainnya seperti di Kampung Bandar Setia Tamiang Hulu, Alur Cucur, Kecamatan Rantau, Sei Kuruk III Kecamatan Seruway, Marlempang Kecamatan Bendahara, Kampung Rantau Pakam Kecamatan Bendahara, Kampung Cinta Raja Kecamatan Bendahara.

Dijelaskannya, untuk jaringan perpipaan tersebut dilaksanakan berdasarkan atas usulan masyarakat dan sesuai data yang di kirimkan oleh Datok Penghulu agar dapat di pasangkan saluran air bersih.

Sebelumnya, usulan permohonan pemasangan jaringan perpipaan air bersih tersebut telah diusulkan pada tahun 2019 lalu dan direalisasikan tahun 2020. Untuk pemasangan jaringan perpipaan air bersih di Kampung Tupah, Kecamatan Karang Baru, terdapat 75 saluran rumah melalui anggaran DAK Tahun 2020 dan pelaksanaan perpipaannya dikerjakan pihak ketiga (kontraktor).

Menurutnya, secara teknis, pemasangan jaringan perpipaan saluran air bersih tersebut hingga pada pemasangan water meter dan tanpa di pungut biaya (gratis), kemudian untuk pemasangan pipa ke rumah diteruskan oleh penerima manfaatnya, dan untuk pemasangan atau penanaman pipa utamanya itu tidak menggunakan pasir.

Amirul menyampaikan, dalam upaya memperluas jaringan air bersih, pihaknya menyarankan kepada masyarakat Aceh Tamiang yang belum memiliki air bersih dapat mengusulkan kembali ke PDAM Tirta Tamiang melalui Datok Penghulu di Kampung masing-masing.

Sementara itu, Wan Zulham, ST Kepala Bidang Cipta Karya pada Dinas PUPR Aceh Tamiang mengatakan, pengembangan jaringan perpipaan di Kampung Tupah tersebut dilaksanakan sepanjang 5000 meter dengan 75 penerima manfaat. “Kita harapkan dengan terpasangnya SR ini bisa mencukupi kebutuhan masyarakat terhadap air bersih,” ujarnya.

Disebutkannya, selain itu juga ada kampung yang menerima manfaat peningkatan pemasangan jaringan air bersih di luar cakupan PDAM yaitu pengerjaannya melalui program Pamsimas.

Adapun pengembangan jaringan perpipaan saluran air bersih yang dikerjakan melalui Pamsimas yaitu berada di Kampung Suka Jadi Kecamatan Rantau, Kampung Alur Manis Kecamatan Rantau dan Kampung Alur Sentang Kecamatan Manyak Payed, demikian Wan Zulham.(b15)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2