Pasokan Air Lawe Sikap PDAM Tirta Agara Mengering - Waspada
banner 325x300

Pasokan Air Lawe Sikap PDAM Tirta Agara Mengering

  • Bagikan

 

KUTACANE (Waspada): Pasokan air Sumber Lawe Sikap untuk PDAM TIRTA Agara, saat ini mengering diduga akibat serapan Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMH) sehingga kebutuhan air tersebut tidak lagi mengalir ke pelanggan di seputaran Kota Kutacane Kecamatan Babussalam dan Lawe Bulan.

“Guna Kebutuhan air hajat hidup sekitar 6000 konsumen atau pelanggan meliputi sekitar 15. 000 jiwa,” demikian Direktur Utama PDAM Tirta Agara Kutacane Ediy Sabara kepada Waspada.id di daerah objek wisata Lawe Sikap pada Sabtu ( 22/5) sore.

Dijelaskannya, keringnya pasokan air akibat porsi pembahagian air  tidak sesuai kesepakatan, padahal dalam item kesepakatan tersebut antara PDAM dengan PLTMH,  40 persen untuk PDAM dan 60 persen untuk PLTMH. “Namun  tidak diindahkan pihak pengelola  Perusahaan PLTMH Lawe Sikap,” ujar Edy.

Pada hari bersamaan, Humas PLTMH, Darmawan membantah kalau pihaknya menyerap sepenuhnya sumber air ini kepada Pprusahaan yg bergerak sebagai pemasok arus listrik ini.

“Namun hal ini akibat pengurangan debet air di atas kendatipun demikian kami siap mencarikan solusi untuk terpenuhinya kebutuhan air kepada PLTMA, PDAM dan untuk kebutuhan penduduk lokal di seputaran yang berdomisili di sini dan sebagai daerah wisata lokal Lawe Sikap,” singkatnya.(cseh)

Air limbah pembuangan dari PLTMH Lawe Sikap terlihat sudah berubah warna kekuningan.Waspada/Seh Muhammad Amin

  • Bagikan