Waspada
Waspada » Pasar Buloh Blang Ara Terlantar Sebelum Difungsikan
Aceh Headlines

Pasar Buloh Blang Ara Terlantar Sebelum Difungsikan

Seorang warga menunjukkan lokasi Pasar Buloh Blang Ara yang terlantar, sebelum difungsikan, Rabu (20/1). Sejumlah sarana pasar yang dibangun pemerintah pusat lima tahun itu, telah rusak. Pasar Buloh Blang Ara Terlantar Sebelum Difungsikan. Waspada/Zainal Abidin
Seorang warga menunjukkan lokasi Pasar Buloh Blang Ara yang terlantar, sebelum difungsikan, Rabu (20/1). Sejumlah sarana pasar yang dibangun pemerintah pusat lima tahun itu, telah rusak. Pasar Buloh Blang Ara Terlantar Sebelum Difungsikan. Waspada/Zainal Abidin

ACEH UTARA (Waspada): Sejak dibangun sekitar lima tahun lalu, Pasar Bulog Blang Ara di Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara terlantar. Para pedagang terpaksa berjualan di sepanjang jalan pasar lama, sementara puluhan kios bantuan APBN di lokasi pasar baru tidak bisa ditempati.

Pantauan Waspada.id, Rabu (20/1), kondisi Pasar Buloh Blang Ara memperihatinkan. Sejumlah bagian pasar, telah retak akibat dibiarkan terlantar. Sekitar lima tahun lalu, pemerintah pusat juga membangun pasar ikan dan pasar sayur di lokasi itu. Pemerintah juga membangun puluhan kios untuk pedagang di pasar yang dibangun di Gampong Krueng Mayang tersebut.

Geusyik Krueng Manyang, T.Nizam menjelaskan Pasar Buloh Blang Ara dibutuhkan para pedagang. “Pedagang hari pekan, sekarang berjualan di jalan,” jelas T.Nizam. Selain itu, pasar ikan dan pasar sayur lama kondisinya kumuh, sehingga membutuhkan pasar baru.

Sementara Geusyik Gampong Keude Blang Ara, Nasruddin juga menambahkan, masyakat membutuhkan pasar baru. Untuk perluasan pasar kecamatan di Kuta Makmur, seharusnya Pasar Buloh Blang Ara segera difungsikan.

Nasruddin juga menjelaskan, untuk mengembangkan pasar kecamatan, warga mengusulkan pembangunan jalan di pinggir sungai. Jalan tersebut, akan menghubungkan, jalan kecamatan dengan pasar baru yang dibangun Dinas Industri dan Pedagangan Pemkab Aceh Utara tersebut.

Kepala Bidang Pasar pada Dinas Industri dan Peragangan Pemkab Aceh Utara, Mansuri menyebutkan, Pasar Buloh Blang Ara dibangun Dinas Industri dan Perdagangan. Pada tahun 2015, pasar diserahkan kepada Dinas Pasar. “Ketika itu, Dinas Pasar masih terpisah dengan Dinas Industri,” kata Mansuri.

Setelah menerima Pasar Buloh Blang Ara, Dinas Pasar tidak bisa memfungsikan pasar tersebut. Menurut Mansuri, sarana pendukung seperti MCK dan jalan akses ke pasar belum ada. “Karena belum ada MCK dan jalan ke pasar, sehingga belum kita manfaatkan,” jelasnya.

Tahun lalu, jalur akses ke pasar telah dibangun. Begitu juga dengan sarana MCK telah bangun di kawasan pasar. “Jadi rencananya, tahun ini kita manfaatkan,” tegas Mansuri. Untuk menempatkan pedagang di sana, Bidang Pasar membutuhkan anggaran untuk memperbaiki sejumlah kerusakan di pasar.(b08).

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2