Partai Demokrat Minta Tenaga Kontrak Diangkat ASN - Waspada

Partai Demokrat Minta Tenaga Kontrak Diangkat ASN

- Aceh
  • Bagikan

LANGSA (Waspada) : Ketua DPC Partai Demokrat Kota Langsa, Syahyuzar Aka, mendorong tenaga honorer dan tenaga kontrak yang ada di Pemko Langsa untuk bisa diangkat menjadi PNS/ASN agar beban keuangan daerah terbantu.

“Ya, kita berharap Pemko Langsa kiranya dapat merasionalkan para tenaga honorer ini agar statusnya ditingkatkan, dan di satu sisi persoalan keuangan daerah juga terbantu ketika para honorer ini sudah menjadi ASN,” tegas Syayuzar Aka di Sekretariat Partai Demokrat dalam jumpa pers, Kamis (14/10) malam.

                                             

Lalu menurutnya, Partai Demokrat Langsa mengharapkan para Bupati, Wali Kota maupun Gubernur Aceh melalui UUPA bisa mengangkat mereka untuk menjadi ASN.

Di samping itu juga, ingin meluruskan kepada publik bahwa pemutusan hubungan kerja (PHK) para honorer ini bila mana status mereka sudah jelas menjadi ASN di Pemko Langsa agar kondisi keuangan yang dialami Pemko Langsa saat ini terbantu.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Pusat telah berencana mengangkat tenaga honorer yang telah lama mengabdi jadi PNS dan menaikan gajinya. Namun, kepastian itu masih menunggu perubahan atas Undang-Undang (UU) Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) atau RUU ASN.

“Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo mengabarkan, RUU ASN tampaknya belum akan selesai dalam waktu dekat. Sebab aturan yang turut mendesain pengangkatan tenaga honorer ini belum sempat lagi dibahas bersama DPR RI,” ujarnya.

Selaras dengan hal tersebut, Partai Demokrat, mempunyai cita-cita mengurangi penganguran sesuai dengan motto Partai Demokrat, ‘Partai Demokrat Berkoalisi Dengan Rakyat’.

Pun demikian pemaparan dalam sidang paripurna itu adalah hal yang wajar dicetuskan, dan yang menjadi subtansinya adalah merasionalkan dan mengevaluasi kembali keberadaan mereka, setelah itu proses lanjutnya adalah pengangkatan mereka untuk menjadi ASN.

“Sejauh ini tidak ada niat yang terbersit dari Partai Demokrat untuk secara serta merta meminta Pemko Langsa langsung memberhentikan para honorer yang sudah lama mengabdi untuk Kota Langsa ini dan mohon dapat dicermati dengan arif dan bijaksana ihkwal tersebut,” tandas Syahyuzar dengan tersenyum. (crp).

Keterangan Foto : Ketua DPC Partai Demokrat Kota Langsa, Syahyuzar Aka, dalam jumpa pers, Kamis (14/10) malam. Waspada/Rapian

  • Bagikan