Scroll Untuk Membaca

Aceh

Pantau Posko Mudik, Ombudsman Koordinasi Lintas Sektor

BANDA ACEH (Waspada): Guna mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan saat mudik lebaran tahun 2023, Ombudsman RI Perwakilan Aceh melakukan koordinasi dengan beberapa instansi terkait. Kegiatan tersebut dilakukan di kantor Ombudsman RI Perwakilan Aceh, Jumat (14/4/2023) di Banda Aceh. Turut hadir Ditlantas Polda Aceh, Dinas Perhubungan Aceh, dan pihak Jasa Raharja.

Ombudsman memandang perlu melakukan pengawasan terhadap posko mudik, supaya dapat mengantisipasi terjadinya kecelakaan saat arus mudik. “Kami berharap pelayanan saat arus mudik harus menjadi perhatian kita semua, khususnya pelayanan keamanan,” kata Dian Rubianty, Kepala Ombudsman Perwakilan Aceh.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Pantau Posko Mudik, Ombudsman Koordinasi Lintas Sektor

IKLAN

“Selain itu, pelayanan kesehatan, pemadam kebakaran, kelistrikan, juga harus menjadi perhatian selama mudik lebaran,” lanjut Dian.

Sementara pihak kepolisian yang dihadiri langsung oleh Kombespol Muji Ediyanto, Ditlantas Polda Aceh, dalam rapat koordinasi tersebut menyampaikan upaya pencegahan terjadinya kecelakaan pada arus mudik tahun 2023 ini. Beberapa langkah telah dilakukan, seperti identifikasi titik rawan kecelakaan, titik kemacetan, dan mendirikan posko pelayanan.

“Ada beberapa titik longsor seperti di Aceh Besar dan Bireuen. Ini harus menjadi perhatian para pengguna jalan,” papar Muji. “Kemudian titik kemacetan di daerah wisata, seperti di Ulee Lheue Banda Aceh, titik nol kilometer di Sabang, dan danau laut tawar di Takengon. Pada lokasi ini kita antisipasi dengan menempatkan personel untuk mengatur lalu lintas,” tambah Muji.

Sementara Dedi Leksmana, Kabid Perhubungan Darat Dinas Perhubungan Aceh mengatakan, pihaknya juga melakukan pengecekan terhadap perangkat yang digunakan saat mudik lebaran. “Kita juga melakukan pemantauan terhadap terminal type B di daerah, supaya memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat,” ujar Dedy, dalam rakor tersebut.

Sementara itu, pihak Jasa Raharja menyampaikan, pihaknya, selalu melakukan koordinasi yang intens dengan pihak terkait, khususnya dengan perbankan dan kesehatan. “Pelayanan selama mudik lebaran tetap kita berikan kepada masyarakat. Kita juga selalu melakukan komunikasi dengan para pihak, khususnya dengan instansi kesehatan dan perbankan,” ungkap Regy, Kepala Cabang Jasa Raharja Aceh.(b02)

Update berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran favoritmu akses berita Waspada.id WhatsApp Channel dan Google News Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp dan Google News ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE