Pansel Uji Kompetensi Teknis 29 Cakadisi di Aceh Utara - Waspada

Pansel Uji Kompetensi Teknis 29 Cakadisi di Aceh Utara

- Aceh
  • Bagikan

ACEH UTARA (Waspada): Setelah berhasil melewati tahapan ujian psikometrik, focus grup discussion (FGD) dan tes wawancara secara virtual oleh pihak Psikodista Banda Aceh minggu lalu.

Kini, 29 calon kepala dinas (cakadis) di Aceh Utara kembali diwawancarai satu per satu oleh Panitia seleksi (Pansel) di Ruang Op Room Kantor Bupati Aceh Utara di Landing Lhoksukon.

Kegiatan ujian wawancara yang dilaksanakan oleh Pansel berlangsung selama tiga hari berturut-turut yaitu mulai Selasa-Kamis (16-19/11). Setiap peserta ujian diberikan waktu mencapai 45 menit.

Hasil konfirmasi Waspada dengan Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Aceh Utara, Syarifuddin menyebutkan, Panitia seleksi ini dibentuk oleh Bupati Aceh Utara, H. Muhammad Thaib. Tugas Pansel adalah menguji kompetensi teknis setiap calon kepala dinas.

“Uji kompetensi teknis yang dilaksanakan oleh Pansel berlangsung tiga hari penuh. Pansel memanggil satu per satu peserta ujian untuk diwawancarai. Kegiatan wawancara yang dilaksanakan oleh Pansel berlangsung di Op Room Kantor Bupati Aceh Utara di Landing Lhoksukon. Kegiatan ini berlangsung dari pagi hingga sore hari bahkan ada yang sampai malam hari,” sebutnya sesuai dengan jadwal kegiatan yang telah dibuat oleh panitia.

Kepada Waspada, Syarifuddin menjelaskan komposisi Pansel yaitu 45 dan 55 persen. Itu artinya, kata Syarifuddin, 45 persen dari pihak internal dan 55 persen dari eksternal. Total jumlah Pansel dalam sesi wawancara untuk menguji kompetensi setiap peserta ujian sebanyak 5 orang.

“Untuk internal yaitu Sekda Aceh Utara sebagai ketua, Asisten III selaku wakil ketua. Sedangkan dari eksternal tiga orang yaitu mantan Sekda Aceh Utara, Abdul Aziz dan mantan Asisten, Mursyid. Ke dua penguji ini disebut sebagai pihak proposional. Sedangkan dari pihak akdemisi yaitu Direktur Politeknik Negeri Lhokseumawe, Rizal Cahyadi. Ke lima orang ini menguji kompetensi teknis setiap peserta,” katanya.

Terakhir, Syarifuddin kepada Waspada menyampaikan bahwa tes uji kompetensi teknis dengan cara mewawancarai setiap peserta ujian yang dilakukan oleh Pansel merupakan ujian terakhir bagi mereka calon kepala dinas. “Semoga semua kegiatan ini terlaksana sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Tes uji kompetensi ini adalah ujian terakhir setelah mengikuti beberapa tahapan sebelumnya. Sedangkan hasilnya akan kita beritahukan lagi nantinya,” demikian Syarifuddin. (b07)

  • Bagikan