Waspada
Waspada » PAD Sumber Pajak Dan Retribusi Aceh Singkil, Meningkat 20 Persen
Aceh Headlines

PAD Sumber Pajak Dan Retribusi Aceh Singkil, Meningkat 20 Persen

Kantor Bupati Kabupaten Aceh Singkil. PAD Sumber Pajak Dan Retribusi Aceh Singkil, Meningkat 20 Persen. Waspada/Ist
Kantor Bupati Kabupaten Aceh Singkil. PAD Sumber Pajak Dan Retribusi Aceh Singkil, Meningkat 20 Persen. Waspada/Ist

 

SINGKIL (Waspada): Perolehan sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2020 Kabupaten Aceh Singkil mengalami peningkatan mencapai 20 persen dari tahun lalu.

Peningkatan PAD ini diperoleh dari penerimaan pajak daerah dan retribusi daerah (PDRD). Yakni bersumber retribusi pemakaian kekayaan daerah, maupun pajak hasil bumi dan bangunan, hotel dan rumah makan.

Kepala Badan Pengelola Keuangan Kabupaten (BPKK) melalui Kabid Pendapatan Iskandar SE saat berbincang dengan Waspada.id, Sabtu (26/12) di Singkil menjelaskan, realisasi pendapatan daerah tahun ini meningkat mencapai 20 persen dari tahun 2019.

Peningkatan penerimaan PDRD ini juga telah melebihi target dari beberapa sektor sumber pendapatan. Meski belum mencapai target secara keseluruhan dari berbagai sumber.
Target PAD dari sumber PDRD Aceh Singkil mencapai Rp54 miliar.

Terhitung hingga November 2020 terealisasi 78 persen. “Data terakhir hingga November realisasinya mencapai 78 persen. Tidak capai target karena situasi akibat Covid-19, sehingga penerimaan menurun,” ucap Iskandar.

Iskandar menyebutkan, bisa saja realisasi sudah melebihi 78 persen. Sebab, setoran pajak saat ini bisa dilakukan non tunai atau secara online.

Namun para penyetor yang sudah transaksi pembayaran non tunai tersebut belum melaporkan dan mengirimkan slip pelunasan pajaknya ke petugas penerimaan pajak BPKK, sehingga belum tercatat.

Dijelaskannya, beberapa sumber pendapatan yang terhitung sudah melebihi pencapaian target. Diantaranya, sumber pajak dari rumah makan.Sementara penerimaan pajak penginapan tahun ini mengalami penurunan karena Covid.

Iskandar berharap agar masyarakat patuh dalam penyetoran pajak. Sebab perolehan Pendapatan Asli Daerah (PAD) merupakan sumber penerimaan yang signifikan bagi pembiayaan rutin dan pembangunan di suatu daerah otonom. (b25)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2