Waspada
Waspada » ODP Covid-19 Di Langsa Bertambah 14 Orang
Aceh Headlines

ODP Covid-19 Di Langsa Bertambah 14 Orang

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Langsa, Yanis Prianto. Wapada/Ist
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Langsa, Yanis Prianto. Wapada/Ist

LANGSA (Waspada): Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Langsa, Yanis Prianto, Senin (30/3) mengungkapkan, saat ini sebanyak 14 orang warga Kota Langsa dinyatakan Orang Dalam Pantauan (ODP) Covid -19.

“Sementara 162 orang tanpa gejala (OTG), pasien dalam pantauan (PDP) nol, Covid-19 Lab Negatif nol, Covid-19 Lab Positif nol, Pasien Positif Sembuh nol dan dirujuk nol,” ungkap Yanis merilis data dari Dinas Kesehatan, Puskesmas, RSUD di Langsa.

Dipaparkan Yanis lagi, OTG merupakan Orang Tanpa Gejala, di mana orang tersebut tidak bergejala dan memiliki risiko tertular dari orang positif Covid-19.

Sedangkan, ODP (Orang Dalam Pemantauan) adalah orang yang mengalami demam (>=38°C) atau riwayat demam, atau gejala gangguan sistem pernafasan seperti pilek/sakit tenggorokan/batuk dan pada 14 hari terakhir.

“Sebelum timbul gejala memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di negara/wilayah yang melaporkan transmisi lokal, dan atau sebelum timbul gejala memiliki riwayat kontak dengan kasus konfirmasi atau probabel Covid-19,” sebutnya.

Kemudian, PDP (Pasien Dalam Pengawasan) adalah orang yang dengan infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) yaitu demam (>=38°C) atau riwayat demam disertai salah satu gejala/tanda penyakit pernafasan.

Di mana, pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di negara/wilayah yg melaporkan transmisi lokal, dan atau sebelum timbul gejala memiliki riwayat kontak dgn kasus konfirmasi atau probabel Covid-19.

Kemudian orang dengan ISPA berat/pneumonia berat yang membutuhkan perawatan di rumah sakit dan tidak ada penyebab lain berdasarkan gambaran klinis yang meyakinkan.

Urai Yanis lagi, kepada warga yang berstatus ODP untuk melakukan karantina di rumah masing-masing. “Ke-14 warga yang berstatus ODP itu tetap tetap mendapat pengawasan dari Dinas Kesehatan Kota Langsa dan Puskesmas setempat,” kata Yanis.

Sambung Yanis lagi, pihaknya berharap kepada masyarakat yang pernah berpergian ke luar daerah, agar segera melaporkan ke Dinas Kesehatan ataupun Puskesmas setempat.

“Kepada masyarakat untuk tidak panik, namun tetap waspada serta mematuhi imbauan dari pemerintah, agar penanganan Virus Corona (Covid-19) ini berjalan maksimal,” tandas Yanis. (m43)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2