Waspada
Waspada » ODP Bertambah, Kota Idi Kembali Disemprot
Aceh Headlines

ODP Bertambah, Kota Idi Kembali Disemprot

SEMPROT VIHARA: Bupati Rocky memimpin penyemprotan Kota Idi dan sejumlah fasilitas umum di Kabupaten Aceh Timur, Jumat (3/4). Waspada/M. Ishak
SEMPROT VIHARA: Bupati Rocky memimpin penyemprotan Kota Idi dan sejumlah fasilitas umum di Kabupaten Aceh Timur, Jumat (3/4). Waspada/M. Ishak

IDI (Waspada): Berdasarkan data dari Posko Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Kabupaten Aceh Timur, Orang Dalam Pemantauan (ODP) terus bertambah dan kini tercatat sebanyak 60 orang.

Namun 16 diantaranya telah selesai dilakukan pemantauan dan kondisi kesehatannya sehat. Sementara itu, orang yang masih dalam pemantauan petugas kini tersisa 44 orang.

“ODP yang melapor dan tercatat 60 orang, tapi 16 orang sudah selesai pemantauan dan 44 lainnya masih dalam pemantauan kita,” sebut Jubir Gugas Pencegahan Covid-19 Kabupaten Aceh Timur, Dr. H. Edi Gunawan MARS, kepada Waspada, Jumat (3/2).

Kata dia, bertambahnya ODP seiring dengan pulangnya perantau dari beberapa negara terjangkit seperti Malaysia. Namun sebagian diantaranya merupakan warga Aceh Timur yang baru melakukan perjalanan dari daerah terjangkit di dalam dan luar Aceh, seperti kembali dari Banda Aceh dan Medan.

“Kita berharap perantau yang baru tiba dari luar negeri dan luar daerah lebih pro-aktif melakukan isolasi mandiri selama 14 hari sejak pemulangan dan menghindari kontak badan dengan keluarga. Tapi tetap melapor ke petugas kesehatan untuk pendataan,” kata Edi.

Semprot

Sementara itu, Bupati Aceh Timur H. Hasballah HM.Thaib, SH, didampingi Kapolres Aceh Timur AKBP Eko Widiantoro, S.Ik, MH, memimpin penyemprotan disinfektan disejumlah fasilitas umum dalam Kota Idi, diantaranya Masjid Agung Darussalihin Idi, Masjid Baitul Mannan Idi, Terminal Tipe C Kota Idi, Pasar Ikan, Pasar Sayur, Pasar Daging, Pasar Ikan, Warkop dan Kursi Pangkas.

“Penyemprotan ini bertujuan untuk mencegah wabah virus Corona didaerah ini. Meskipun belum ada yang berstatus PDP atau positif Corona, tapi kita mewaspadai agar wabah Covid-19 ini tidak menyebar, sehingga kita berinisiatif melakukan penyemprotan seluruh fasilitas umum, termasuk pasar dan bengkel,” ujar bupati yang akrap disapa Rocky.

Disela-sela memimpin penyemrotan, Bupati Rocky kembali menghimbau agar perantau melapor ke petugas kesehatan melalui sambungan telepon seluler dan disaat kondisi kesehatan menurun dalam masa karantina, segera menghubungi dokter yang bertugas di puskesmas.

“Masyarakat kita minta jaga pola makan, minum air yang dimasak, perbanyak minum air putih dan hindari kemaraian dimanapun.

Jikapun tidak mendesak, jangan keluar rumah untuk sementara,” ajak Bupati Rocky seraya mengharapkan warganya untuk terus berdo’a di rumah-rumah agar ujian dan cobaan ini segera berakhir.

Hadir dalam kesempatan itu antara lain Sekda Aceh Timur H. M. Ikhsan Ahyat, S.STP, M.AP, Plt. Asisten Pemerintahan Setdakab Aceh Timur Syahrizal Fauzi, S.STP, M.AP, Plt. Asisten Administrasi Umum Setdakab Aceh Timur M. Reza Rizki, SH. M.Si.

Kepala BPBD Aceh Timur Ashadi, SE, MM, Kasatpol-PP&WH Aceh Timur Teuku Amran, SE, MM, dan sejumlah pejabat lainnya. Penyemprotan disinfektan kali ini melibatkan puluhan TNI/Polri dan Tim Satgas Gugas Pencegahan Covid-19 Aceh Timur. (b24).

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2