Waspada
Waspada » Nova Zahara Minta Pemerintah Aceh Serius Bantu Pengungsi Rohingya
Aceh

Nova Zahara Minta Pemerintah Aceh Serius Bantu Pengungsi Rohingya

LANGSA (Waspada): Anggota DPR Aceh, Nova Zahara dari Fraksi PKS meminta Pemerintah Aceh serius bantu pengungsi Rohingya, Myanmar yang mendarat di kawasan pantai Pantai Lancuk, Aceh Utara setelah dievakuasi ke daratan oleh pemerintah daerah dengan badan PBB terkait penanganan pengungsi (UNHCR).

Permintaan tersebut diutarakan Nova Zahara usai mengunjungi para pengungsi Rohingya didampingi oleh Zulkarnen, Anggota DPRK Aceh Utara dan Mustafa MY Tiba, Ketua KNSR (Komite Nasional untuk Solidaritas Rohingya) Aceh yang ditempatkan di bekas Kantor Imigrasi Aceh Utara, Sabtu (27/6).

Menurut Nova Zahara yang baru saja dilantik sebagai anggota DPR Aceh PAW, kehadiran 96 orang pengungsi Rohingya akibat kekejaman Pemerintah Myanmar disambut masyarakat Aceh dengan suka cita.

Menurut Nova Zahara, iondisi para pengungsi tersebut mengkhawatirkan karena kurangan makanan dan minuman setelah berlayar berhari-hari dan tercebur ke laut setelah kapal mereka kandas. Bahkan menurut pengakuan mereka sebagian dari pengungsi Rohingnya itu meninggal dunia dalam perjalanan.

“Atas nama kemanusiaan, masyarakat mengumpulkan uang untuk memberi makan para pengungsi Rohingya yang telah berkatung-katung di laut selama lebih dari 1 bulan, sebelum dibawa ke tepi dan diberikan palayanan yang terbatas,” ungkap anggota DPR Aceh asal Dapil Langsa Tamiang ini.

Lanjutnya, jumlah pengungsi Rohingya sejumlah 96 orang yang terdiri dari anak laki-laki 10 orang, anak perempuan 19 orang, laki-laki dewasa 18 orang, perempuan dewasa 53 orang dan balita 1 orang, saat ini sesuai dengan hasil rapat pemerintah daerah Aceh Utara, mereka di tempatkan di bekas Kantor Imigrasi Aceh Utara dengan kondisi yang sangat memprihatikan.

Dalam kunjungan tersebut, Nova Zahara juga memberikan bantuan, makanan ringan untuk anak-anak yang diyakininya sangat trauma dengan kondisi yang saat ini menimpa mereka.

“Bagaimana kalau hal ini terjadi pada anak-anak kita? Kita harus memberikan perhatian khusus kepada mereka,” tambah Nova menegaskan.

Nova Zahara kembali menegaskan, pihaknya meminta Pemerintah Aceh dalam hal ini Plt Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah keseriusan membantu para pengungsi Rohingya tersebut.

“Mereka juga harus diberikan kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, air bersih dan tempat tinggal sementara yang layak,” tandasnya.(b13)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2