Waspada
Waspada » Nova Iriansyah: Tanpa Toleransi, Tidak Ada Kerukunan
Aceh Headlines

Nova Iriansyah: Tanpa Toleransi, Tidak Ada Kerukunan

GUBERNUR Aceh Nova Iriansyah bertindak sebagai inspektur upacara pada peringatan HAB ke-75 di halaman Kanwil Kemenag Aceh, Selasa (5/1). Nova Iriansyah: Tanpa Toleransi, Tidak Ada Kerukunan. Waspada/T.Mansursyah
GUBERNUR Aceh Nova Iriansyah bertindak sebagai inspektur upacara pada peringatan HAB ke-75 di halaman Kanwil Kemenag Aceh, Selasa (5/1). Nova Iriansyah: Tanpa Toleransi, Tidak Ada Kerukunan. Waspada/T.Mansursyah

BANDA ACEH (Waspada): Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah, MT mengatakan, tanpa toleransi, tidak ada kerukunan. Toleransi dan kerukunan antarumat beragama dilakukan dengan tanpa mengusik akidah dan keimanan masing-masing pemeluk agama.

Nova Iriansyah mengungkapkan itu saat membacakan amanat Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas pada upacara peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-75 di halaman Kanwil Kemenag Aceh, Selasa, (5/1). Nova bertindak sebagai inspektur upacara, dengan mengusung tema “Indonesia Rukun”.

Kata Nova, pengalaman membuktikan toleransi dan kerukunan tidak tercipta hanya dari satu pihak, sedangkan pihak yang lain berpegang pada hak-haknya sendiri. “Dewasa ini, kita mengembangkan moderasi beragama agar toleransi dan kerukunan yang sudah ada lebih mengakar di dalam kehidupan sehari-hari bangsa kita,” ujar Nova.

Dikatakan, di negara yang berdasarkan Pancasila ini, tidak ada diktator mayoritas atau tirani minoritas. Dalam kaitan itu, semua umat beragama dituntut untuk saling menghormati hak dan kewajiban masing-masing, di mana hak seseorang dibatasi oleh hak-hak orang lain.

“Pancasila adalah ideologi pemersatu yang merangkum nilai-nilai keindonesiaan sebagai bangsa yang beragama. Sila pertama dan utama Pancasila, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, meneguhkan identitas nasional sebagai bangsa yang beragama dan bermoral,” pungkas Nova.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Aceh Dr Iqbal S.Ag M.Ag mengatakan, HAB ke-75 harus menjadi momentum bagi Kanwil Kemenag Aceh untuk berbenah. “Momen untuk moderasi beragama, peningkatan pendidikan agama dan keagamaan, serta pelaksanaan pelayanan ibadah haji dan umrah,” kata Iqbal.

Penghargaan Satya Lencana

Pada kesempatan itu, Kakanwil Kemenag Aceh juga memberikan penghargaan Satya Lencana untuk empat orang ASN di kantor setempat. Penghargaan diberikan untuk ASN yang telah mengabdi selama 10-30 tahun di Kanwil Kemenag Aceh.

Adapun penerima Satya Lencana tersebut yakni, Zubaidah S.Sos (pengabdian selama 30 tahun). Kemudian penghargaan juga diberikan untuk Hasma Diana S.Si, Isra Afrizal ST, dan Maimunsyah S.Pd.i atas pengabdian selama 10 tahun.

“Terima kasih atas pengabdiannya selama ini untuk lembaga tercinta ini. Semoga penghargaan ini mampu memberikan semangat baru bagi bapak dan ibu sekalian dalam bekerja menjalankan tugas sebagai ASN,” kata Kakanwil Kemenag Aceh Dr Iqbal S.Ag, M.Ag.

Selain itu, Kakanwil Kemenag Aceh juga menyerahkan penghargaan untuk Kasi Kemasjidan, Hisab Rukyat dan Bina Syariah Bidang Urusan Agama Islam Kanwil Kemenag Provinsi Aceh Alfirdaus Putra, SHI, MH atas prestasi sebagai Juara 1 Lomba Astrophotography, yang diselenggarakan oleh Observatorium Astronomi Institut Teknologi Sumatera Lampung (OAIL ITERA).

Kemudian, penghargaan dan juga diberikan untuk sejumlah guru dan kepala madrasah peraih juara dalam lomba Inovasi Pembelajaran di Era Covid-19, juara lomba karya tulis ilmiah guru PAI dan pengawas PAI Tahun 2020, dan guru pengajian penerima kartu BPJS Ketenaga Kerjaan Formasi Guru Pengajian Tingkat Provinsi Aceh Tahun 2020.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, upacara peringatan HAB tahun ini dilaksanakan secara terbatas. Hanya ASN yang yang bertugas di kantor wilayah yang mengikuti upacara HAB tahun ini.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Kejaksaan Tinggi Aceh Dr Muhammad Yusuf, SH, MH, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Aceh, para pejabat dalam lingkungan Kanwil Kemenag Aceh, dan para sesepuh yang pernah bertugas di Kanwil Kemenag Aceh.(b02/C)

 

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2