Waspada
Waspada » Mukim Gunung Mesjid Akan Kawal Proses Pembebasan Lahan Jalan Tol
Aceh Headlines

Mukim Gunung Mesjid Akan Kawal Proses Pembebasan Lahan Jalan Tol

Amriadi, BA Kepala Kemukiman Gunung Mesjid. Mukim Gunung Mesjid Akan Kawal Proses Pembebasan Lahan Jalan Tol. Waspada/Yusri
Amriadi, BA Kepala Kemukiman Gunung Mesjid. Mukim Gunung Mesjid Akan Kawal Proses Pembebasan Lahan Jalan Tol. Waspada/Yusri

KUALASIMPANG (Waspada): Kepala Kemukiman Gunung Mesjid, Kecamatan Manyak Payed, Kabupaten Aceh Tamiang, Amriadi BA, menegaskan akan turut melakukan pengawalan proses pergantian lahan masyarakat yang diperuntukkan untuk pembangunan jalan tol Binjai–Aceh Tamiang–Langsa.

“Sejumlah kampung dalam Kemukiman Gunung Mesjid akan dilakukan pembebasan lahan masyarakat untuk pembangunan lintasan jalan tol, karena itu saya akan membantu serta mendampingi para Datok Penghulu (kepala desa) dan pihak–pihak terkait lainnya dalam bekerja di lapangan terhadap proses pembebasan lahan jalan tol ini,” kata Amriadi BA, Kepala Kemukiman Gunung Mesjid kepada Waspada.id,  Selasa (22/12) di Tualang Cut.

Dijelaskannya, pendampingan atau pengawasan dinilainya perlu, terutama dalam pembebasan lahan sesuai kebutuhan untuk pembangunan jalan tol dan harus sesuai juga dengan prosedur atau peraturan yang berlaku. “Terlebih lagi dalam upaya terhindar dari mafia tanah,” tegas Amriadi, Mukim Gunung Mesjid lagi.

Amriadi selaku Kepala Kemukiman Gunung Mesjid sangat mendukung program pemerintah dalam merealisasikan proyek strategis nasional pembangunan jalan tol Binjai–Langsa (segmen Binjai–Aceh Tamiang–Langsa).

“Kita harapkan proses pembebasan lahan di wilayah Kecamatan Manyak Payed ini bisa tuntas tanpa ada kendala apapun sehingga pembangunan jalan tol dapat berjalan secara maksimal,” harap Mukim Gunung Mesjid ini.

Sebagaimana diketahui, Bupati Aceh Tamiang, H. Mursil dalam rapat konsolidasi pembangunan Jalan Tol Binjai-Langsa (segmen Aceh Tamiang-Aceh Timur-Langsa) beberapa bulan lalu menyampaikan, agar masyarakat mendukung program ini, terlebih lagi para camat, para datok penghulu, dan para mukim kampung bisa mengubah pemikiran bagi warganya.

Mursil mengatakan, ketika proyek jalan tol ini mulai berjalan, datok penghulu dan kepala mukim kampung sebagai ujung tombak dalam memberikan pemahaman kepada warga. “Pembangunan tol ini tentu memudahkan segala akses, adanya tol dan angkutan besar yang membawa barang bisa mempersingkat waktu perjalannya,” ujarnya.

Dalam rapat itu, Bupati Mursil sangat menekankan, jangan sampai ada muncul mafia-mafia yang menghambat proyek jalan tol ini, “Jadi kita semua harus bertanggungjawab untuk menjaga keamanan wilayah Aceh Tamiang,” demikian Bupati Aceh Tamiang.(b15)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2