Waspada
Waspada » Milad GAM Ke-44 Di Aceh Timur Bagi 5.000 Sembako
Aceh Headlines WaspadaTV

Milad GAM Ke-44 Di Aceh Timur Bagi 5.000 Sembako

KRUE SEUMANGAT, 4 Desember 2020 genap 44 tahun usia Gerakan Aceh Merdeka (GAM) sejak dideklarasi oleh almarhum Tgk. Hasan Muhammad di Tiro di Gunung Halimun, 1976. Bagi gerilyawan GAM, Halimun menjadi sebuah legenda dan saksi sejarah perjuangan GAM, karena dari puncak Halimun Hasan Tiro mengobarkan semangat perlawanan.

Setelah 32 tahun Aceh dilanda konflik bersenjata, lalu lahir nota kesepahaman damai antara Pemerintah Republik Indonesia – GAM, 15 Agustus 2005. Setelah damai, seluruh gerilyawan GAM bernaung dibawah Komite Peralihan Aceh (KPA) Pusat, dengan ketuanya H. Muzakir Manaf atau akrab disapa Mualem.

Setiap 4 Desember, mantan gerilyawan GAM memperingati dengan berbagai kegiatan sosial, seperti zikir, doa, penyantunan. Seperti halnya Milad GAM Ke-44 tahun ini, mantan Ketua KPA Pusat, Mualem, menghadiri Milad GAM di Buket Itam, Kecamatan Darul Ihsan, Aceh Timur, Jumat (4/12).

Meskipun diperingati secara sederhana, namun kehadiran Mualem menambah semangat sejumlah mantan gerilyawan GAM. Hadir dalam kesempatan sejumlah tokoh GAM, seperti H. Hasballah HM.Thaib atau Rocky (Bupati Aceh Timur), Ketua BRA Pusat Said Fakhrurrazi, H. Sulaiman atau Tole yang kini menjabat Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Aceh Timur, dan H. Azhari atau Maop, yang kini menjabat sebagai Ketua Persatuan Sepak Takraw Indonesia (PSTI) Aceh Timur.

Kegiatan Milad GAM Tahun 2020 diawali dengan zikir dan doa yang dikhususkan untuk para korban yang meninggal dunia dalam konflik Aceh, termasuk untuk almarhum Tgk. Hasan Muhammad di Tiro, selaku Deklarator GAM.

Setelah selesai doa, lalu dilanjutkan dengan penyantunan ratusan anak yatim piatu di Komplek Dayah Al-Huda. Seterusnya dilanjutkan dengan pemberian sembako terhadap kaum dhuafa sebanyak 5.000 paket, namun dalam kesempatan itu diberikan secara simbolis oleh Mualem. Sementara selebihnya akan diberikan oleh Pengurus KPA di 24 kecamatan dalam Kabupaten Aceh Timur.

“Sembako berupa beras, gula, minyak dan telur, kita berikan untuk membantu masyarakat kurang mampu, apalagi dalam suasana pandemi COVID-19 melanda daerah ini,” kata Mualem, usai Peringatan Milad GAM Ke-44 di Buket Itam, Darul Ihsan, Aceh Timur.

Dalam kesempatan itu, Mualem meminta seluruh mantan GAM untuk memelihara kedamaian dan menjaga kekompakan, sehingga apa yang menjadi cita-cita perjuangan dapat tercapai. “Peringatan Milad GAM hari ini secara sederhana, tanpa ada pengibaran bendera, karena sampai saat ini status bendera Aceh masih Cooling Down antara Pemerintah Aceh dengan Pemerintah Pusat di Jakarta,” kata Mualem.

Eks Tripoli itu berharap, Paduka Yang Mulia (PYM) Wali Nanggroe Aceh Malik Mahmud Alhaytar, segera melobi pemerintah pusat, sehingga persoalan bendera Aceh segera tuntas. “Insya Allah dalam waktu dekat polemik bendera Aceh akan tuntas, sehingga bisa kita kibarkan di seluruh Aceh,” sebut Mualem.

Sementara Tuha Peut KPA Wilayah Peureulak, H. Hasballah HM.Thaib SH atau Rocky, dalam kesempatan itu juga mengimbau seluruh masyarakat tetap menjaga kedamaian dan ketentraman, karena hanya melalui damai daerah terbangun dan ekonomi masyarakat bangkit.

“Muda-mudahan 5.000 paket sembako bantuan dari Mualem ini dapat membantu masyarakat yang sedang menghadapi pandemi COVID-19 di Aceh Timur,” kata Rocky, seraya meminta masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan dalam beraktifitas diluar rumah.

Peringatan Milad GAM Ke-44 di Komplek Dayah Al Huda, tetap mematuhi protokol kesehatan. Bahkan beberapa tamu dari luar ikut diperiksa suhu tubuh dan dipersilakan mencuci tangan. Dalam kegiatan doa dan zikir, seluruh jamaah juga tetap menjaga jarak. SEULAMAT MILAD GAM KEU-44 THON 2020.

(Pariwara). Teks Foto:

1– Ketua KPA Pusat, H. Muzakir Manaf atau Mualem, menghadiri Milad GAM Ke-44 di Aceh Timur, Jumat (4/12).

2–Ketua KPA Pusat, H. Muzakir Manaf atau Mualem, foto bersama anak yatim disela-sela Milad GAM Ke-44 di Aceh Timur, Jumat (4/12).

3–Ketua KPA Pusat, H. Muzakir Manaf atau Mualem, didampingi Rocky, menyerahkan bantuan sembako untuk kaum dhuafa pada Milad GAM Ke-44 di Aceh Timur, Jumat (4/12).

4–Ketua KPA Pusat, H. Muzakir Manaf atau Mualem, didampingi Rocky, dan tokoh KPA lainnya mengikuti zikir dan doa saat Milad GAM Ke-44 di Aceh Timur, Jumat (4/12).

5–Ketua KPA Pusat, H. Muzakir Manaf atau Mualem, didampingi Rocky, memanjatkan doa dalam Peringatan Milad GAM Ke-44 di Aceh Timur, Jumat (4/12).

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2