Menuju Madrasah Digital, MIS Terpadu Langsa Launching Absensi Sistem Digital - Waspada

Menuju Madrasah Digital, MIS Terpadu Langsa Launching Absensi Sistem Digital

  • Bagikan

LANGSA (Waspada) : Menuju Madrasah digital dalam menyahuti perkembangan zaman, Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Terpadu Langsa, di Gampong Paya Bujok Beuramoe, Kec. Langsa Barat, melaunching sistem absensi digital atau finger prints siswa, Senin (15/11).

Kepala MIS Terpadu Langsa, Maddani SPd.I, menyatakan bahwa sekolah yang dipimpinnya telah melaunching absensi sistem digital dalam menyesuaikan perkembangan zaman saat ini.

Kepala MIS Terpadu Langsa, Maddani SPd.I, saat melauching absensi sistem digitalisasi MIS Terpadu Langsa, di Gampong Paya Bujok Beuramoe, Kec. Langsa Barat, Senin (15/11). Waspada/Rapian

Adapun yang dilaunching yakni diberlakukan absensi digital bagi para siswa/i terkait kehadiran pagi hari begitu juga dengan jadwal kepulangan siswa.

“Alhamdulillah hari ini kita launching sistem absensi bagi siswa berbasis digital, dimana tujuannya yakni menyahuti perkembangan teknologi di era digital dan berinovasi dalam mencapai visi dan misi madrasah,” papar Maddani.

Kendati demikian, selaras visi dan misi madrasah yaitu unggul dalam literasi qurani, digitalisasi hebat bermartabat.

Dikatakan Maddani, dengan adanya sistem absensi digital bagi siswa/i madrasah juga nantinya terkoneksi langsung kepada wali siswa melalui android masing-masing wali siswa.

“Ini kita buat sebuah terobosan dimana nantinya juga wali siswa mengetahui jam berapa anaknya masuk sekolah begitu juga waktu pulang, bahkan tidak masuk sekolah juga,” ujarnya.

Lanjutnya, hal ini dilakukan nantinya akan berdampak kepada kedisiplinan para anak didik dan juga peningkatan sistem penjaminan mutu bagi madrasah.

“Jadi tidak ada alasan wali siswa tidak tahu anaknya masuk atau tidak masuk sekolah karena semuanya terpantau dengan absensi digital melalui android masing-masing,” imbuhnya.

Selain itu, terkait adanya siswa/i yang berhalangan hadir bisa memberitahukan kepada pihak sekolah melalui sistem infomasi digital yang telah disediakan.

“Terkadang ada anak didik yang sakit atau memang berhalangan hadir ke sekolah, boleh memberitahukan melalui sistem digital yang disediakan sekolah,” jelasnya.

Terpisah Kasi Tenaga Kependidikan Kanwil Kemenag Aceh, Mariani, menyampaikan motivasi agar madrasah mampu menggunakan teknologi dalam pendidikan dalam rangka menyelaraskan perkembangan teknologi yang sangat pesat dan mengarahkan bahwa sudah saatnya pembelajaran di madrasah dilaksanakan dengan berbasis teknologi agar siswa lebih kreatif dan inovatif.

Hal senada, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Aceh, Drs. H. Mukhlis, M.Pd juga menyampaikan apresiasi dan penguatan atas inovasi yang terus menerus dilakukan MIS Terpadu Langsa menuju Madrasah Berbasis Mutu sembari menyatakan bahwa inovasi dan kreativitas wajib dikembangkan oleh madrasah agar out put yang dihasilkan mampu bersaing dengan lembaga pendidikan lain.

Kemudian, Kakankemenag Kota Langsa, Drs Hasanuddin MH, menyampaikan bahwa inovasi ini merupakan sebuah kebutuhan sesuai perkembangan zaman, pembiasaan ini harus dimulai sejak dini supaya nantinya mereka sudah terbiasa hidup sesuai dengan perkembangan zamannya.

“Jangan pagar lautan agar ombak tidak membasahi anak kita, akan tetapi ajarkan anak kita untuk pandai berenang di tengah lautan supaya dia tidak karam dihempas ombak,” tukasnya. (crp).


  • Bagikan