Waspada
Waspada » Mencuri Uang Dalam Mesin ATM, Oknum Pemegang Kunci ATM Ditangkap Polres Bireuen
Aceh Headlines

Mencuri Uang Dalam Mesin ATM, Oknum Pemegang Kunci ATM Ditangkap Polres Bireuen

Mencuri Uang Dalam Mesin ATM
Ilustrasi

BIREUEN (Waspada) : Terbukti mencuri uang dalam mesin ATM BNI di Kampus Al Muslim Matang, Kec. Peusangan senilai Rp99 juta lebih, seorang oknum leassing SSI pemegang kunci mesin ATM Muhammad Armen ditangkap Polres Bireuen.

Semula tidak ada orang yang bisa menduga kalau seorang pemegang kunci mesin ATM MA nekad mencuri uang dalam brankas mesin ATM.

Kapolres Kapolres Bireuen AKBP Gugun Hardi Gunawan SIK MSi yang dikonfirmasi Rabu (29/4) membenarkan pihaknya telah mengamankan seorang tersangka kasus pencurian uang dalam mesin ATM.

“Memang benar tersangka sudah kita tahan selama 12 hari. Namun untuk mengetahui kronologis dan data detilnya, silahkan hubungi Kasat Reskrim, “ ujarnya.

Kasat Reskrim Polres Bireuen Iptu Dimmas Adhit Putranto mengatakan kasus itu terungkap setelah diawali dengan kejadian kehilangan uang dalam mesin ATM yang hendak diisi ulang oleh petugas Kantor SSI Kota Lhokseumawe.

Disebutkannya, berdasarkan Laporan Polisi Nomor : LP.B/52/IV/RES.1.8./ 2020 /ResBireuen, Tanggal 17 April 2020, Tindak pidana Pencurian. Sebagaimana dimaksud dalam Rumusan Pasal 362 KUHPidana.

Bahwa korban atas nama Rudy Chandra, 34 warga Dusun Arogan Kecil. Muara Dua Kota Lhokseumawe merupakan Manager. PT. SSI melaporkan kasus pencurian yang dilakukan oleh tersangka MA, 25 warga Desa Glumpang Dulu Timur Kec. Dewantara Kab. Aceh Utara.

Kronologi Kejadian

Dijelaskannya, kronologis kejadiannya, Jumat (10/4) lalu, sekira pukul 03:00 terlapor MA melakukan pencurian uang yang berada di dalam mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri) Bank BNI di Jalan Kampus Al Muslim Desa Keude Matang Kec. Peusangan Kab. Bireuen senilai Rp99.950.000.

Hal itu terungkap pada saat petugas pengisian uang ingin mengisi uang ke dalam mesin ATM BNI sekira pukul 16:00.

Namun sebelum mengisi ulang uang, petugas terlebih dulu melakukan pengecekan uang yang tersisa di dalam mesin ATM Bank BNI tersebut.

Setelah diperiksa, ternyata uang yang seharusnya tersisa senilai Rp110.950.000,- justru tinggal Rp9,6 juta dan otomatis uang dalam mesin ATM telah raib senilai Rp99 juta lebih.

Lalu pihak Kantor PT. SSI Kota Lhokseumawe melakukan investigasi/pengecekan hingga menemukan bukti yang mencuri uang dari mesin ATM Bank BNI adalah MA, yang juga bekerja sebagai petugas perbaikan mesin ATM dan memiliki kunci khusus untuk membuka mesin ATM tersebut.

Sehingga pelaku pun langsung dilaporkan dan dibawa serta diserahkan langsung ke kantor Polres Bireuen guna penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut.

“Terlapor telah melakukan tindak pidana pencurian, sebagaimana dimaksud dalam rumusan Pasal 362 KUHPidana. Saat ini tersangka masih ditahan bersama barang buktinya. Kasus ini masih terus didalami untuk pengembangan lebih lanjut, “ paparnya. (b16)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2