Medco Diminta Umumkan Hasil Uji Baku Mutu Air

Medco Diminta Umumkan Hasil Uji Baku Mutu Air

  • Bagikan
Ketua YARA, Ssfaruddin, SH. Medco diminta umumkan hasil uji baku mutu air. Waspada/M. Ishak
Ketua YARA, Ssfaruddin, SH. Medco diminta umumkan hasil uji baku mutu air. Waspada/M. Ishak

IDI (Waspada): Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) didesak untuk segera menyurati PT Medco EP Malaka, guna mengumumkan hasil uji laboratorium dari baku mutu air yang diduga limbah mengalir ke sungai dalam sejumlah desa di Kecamatan Julok, Aceh Timur.

“Kita berharap Medco EP Malaka, segera mengumumkan hasil laboratorium dari uji sampel baku mutu air yang sebelumnya diduga limbah dari perusahaan itu mengalir ke pemukiman penduduk, sehingga terjadi pencemaran,” kata Ketua Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Safaruddin SH kepada Waspada, Selasa (24/11).

Dikatakannya, jika dalam mengumumkan hasil uji laboratorium tersebut harus mendapat izin BPMA sebagai perpanjangan tangan Pemerintah Aceh, maka diminta BPMA perlu segera menyurati perusahaan migas yang beroperasi di Blok A itu.

“Publik sudah bertanya-tanya dan menunggu hasil uji uji sampel air yang sempat mencemaskan masyarakat di Aceh Timur. Jadi, kita harap tak perlu menunggu lama untuk mengumumkan hasil dari tim dari Institut Pertanian Bogor (IPB), sebab kabarnya IPB telah menyerahkan hasil uji baku mutu air itu ke Medco,” sebut Safaruddin.

Pengumuman hasil uji laboratorium tersebut nantinya dapat disampaikan secara terbuka ke publik, terutama masyarakat yang selama ini resah dengan air sungai yang sempat berubah warna di Desa Teupin Raya, Kec. Julok, dan beberapa lainnya. “Harus diumumkan secara detail, baik melalui sosialisasi langsung maupun melalui media massa,” timpa Safaruddin. (b11).

 

  • Bagikan