Waspada
Waspada » Medco Bantu Ratusan Unit Gawai Untuk Lima SMP Di Aceh Timur
Aceh Pendidikan

Medco Bantu Ratusan Unit Gawai Untuk Lima SMP Di Aceh Timur

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Timur, Saiful Basri (kiri) menyaksikan pihak manajemen PT Medco 200 Gawai ke sekolah melalui komite di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Timur di Idi, Selasa (12/1). Medco Bantu Ratusan Unit Gawai Untuk Lima SMP Di Aceh Timur. Waspada/Ist
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Timur, Saiful Basri (kiri) menyaksikan pihak manajemen PT Medco 200 Gawai ke sekolah melalui komite di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Timur di Idi, Selasa (12/1). Medco Bantu Ratusan Unit Gawai Untuk Lima SMP Di Aceh Timur. Waspada/Ist

IDI (Waspada): Pandemi wabah Covid-19 telah berdampak terhadap proses belajar mengajar di sekolah, termasuk pembelajaran di Kabupaten Aceh Timur. Bahkan orangtua/wali harus membeli handphone (HP) sebagai media pembelajaran.

Mengingat banyaknya keluarga kurang mampu yang belum di sekitar Blok A, PT Medco EP Malaka memutuskan untuk membantu kebutuhan orangtua/wali dalam dunia pendidikan.

“Pandemi wabah Covid-19 terkadang mengharuskan pembelajaran daring dan luring. Nah, dalam pembelajaran siswa/i butuh peralatan,” kata Ketua Komite SMPN 1 Indra Makmu, M. Husein Thair, di sela-sela menerima 200 Gawai (HP Android) dari PT Medco EP Malaka, di Dinas Pendidikan Aceh Timur di Idi, Selasa (12/1).

Dikatakannya, sebagian pelajar harus meminjam HP kepala desa atau keuchik secara bergantian dalam menggunakan HP. Namun, untuk menutupi kebutuhan pelajar pihaknya mewakili para wali siswa menerima donasi gawai dari ‘Gerakan 1.000 Gawai Bagi Anak Negeri’ yang diinisiasi para pekerja dan manajemen Medco Group.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Timur, Saiful Basri, dalam kesempatan yang sama membenarkan bahwa pandemi ini membawa kendala bagi proses belajar di sekolah, baik saat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) maupun tatap muka terbatas.

“Lima sekolah yang dibantu pekerja Medco ini, kemampuan orang tuanya banyak yang kurang mampu dan tidak bisa menyediakan Gawai bagi anaknya. Muda-mudahan Gawai yang diberikan tersebut dapat membantu siswa dalam PJJ,” kata Saiful.

Kelima sekolah yang menerima gawai atau HP yakni SMPN 1 Banda Alam, SMPN 2 Nurussalam, SMPN 5 Julok, SMPN 1 Indra Makmu, dan SMPN 3 Indra Makmu. “Tiap sekolah diberikan 40 unit HP. Jadi total keseluruhan 200 unit HP yang diterima di lima sekolah melalui pihak komite,” sebut mantan wasit PSSI itu.

Public Affairs Lead Medco E&P Malaka, Maulidar Putra, dalam kesempatan itu menyerahkan 200 Gawai terhadap lima sekolah dalam kawasan lingkar tambang. Diharapkan, donasi itu sangat meringankan beban orangtua siswa dan membantu proses belajar mengajar dalam masa PJJ.

VP Relations & Security Medco E&P, Arif Rinaldi, menambahkan, kegiatan ini bagian dari ‘Gerakan 1.000 Gawai bagi Anak Negeri’ yang bertujuan agar sekolah dapat terus menjalankan aktivitas selama pandemi.

Ditambahkan, penyerahan gawai ini juga telah dilakukan di Kabupaten Anambas, Kepulauan Riau dan Kota Tarakan, Kalimantan Utara. “Bantuan ini menunjukkan kepedulian pekerja dan manajemen Medco kepada masyarakat sekitar operasi dalam menghadapi dampak pandemi,” kata Arif.

Gerakan tersebut menjadi salah satu bentuk kepedulian Medco di Aceh Timur, termasuk penyaluran alat kesehatan (alkes) yang dilakukan sejak awal pandemo Covid-19, seperti masker, APD, wastafel portable, sembako, minuman suplemen, dan lainnya. (b11).

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2