Waspada
Waspada » Marzuki Hamid Buka FGD Publikasi Kota Langsa Dalam Angka
Aceh Ekonomi

Marzuki Hamid Buka FGD Publikasi Kota Langsa Dalam Angka

Wakil Wali Kota Langsa, Dr. H. Marzuki Hamid MM, membuka FGD pembahasan publikasi Kota Langsa dalam angka 2021 dan pencanangan penyelenggaraan satu data Kota Langsa yang diselenggarakan Badan Pusat Statistik (BPS) di aula Setda setempat, Rabu (17/2). Marzuki Hamid Buka FGD Publikasi Kota Langsa Dalam Angka. Waspada/dede
Wakil Wali Kota Langsa, Dr. H. Marzuki Hamid MM, membuka FGD pembahasan publikasi Kota Langsa dalam angka 2021 dan pencanangan penyelenggaraan satu data Kota Langsa yang diselenggarakan Badan Pusat Statistik (BPS) di aula Setda setempat, Rabu (17/2). Marzuki Hamid Buka FGD Publikasi Kota Langsa Dalam Angka. Waspada/dede

LANGSA (Waspada): Wakil Wali Kota Langsa, Dr. H. Marzuki Hamid MM, membuka acara focus group discussion (FGD) pembahasan publikasi Kota Langsa dalam angka 2021 dan pencanangan penyelenggaraan satu data Kota Langsa yang diselenggarakan Badan Pusat Statistik (BPS) di aula Setda setempat, Rabu (17/2).

Dalam sambutannya Wakil Wali Kota menyampaikan terimakasih dan apresiasi atas terselenggaranya focus group discussion sehingga Kota Langsa dapat membangun satu sistem informasi dalam bentuk portal satu data Kota Langsa.

“Pada era otonomi, pemerintah daerah memiliki kewenangan yang lebih luas dalam mengatur berbagai aspek pembangunan sehingga membutuhkan data dan informasi pembangunan secara komprehensif dan terpadu,” kata Marzuki Hamid.

Menurutnya, data tersebut tidak hanya dibutuhkan dalam perencanaan pembangunan namun juga dimanfaatkan untuk memantau dan mengevaluasi kinerja pelaksanaan pembangunan serta dapat digunakan untuk perencanaan pembangunan periode selanjutnya.

“Hal tersebut sejalan dengan undang-undang No. 25 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional pasal 31 yang menjelaskan bahwa perencanaan pembangunan didasarkan pada data dan informasi yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan,” ujarnya.

Namun kata Marzuki Hamid, penyediaan data untuk perencanaan pembangunan daerah masih menghadapi berbagai permasalahan antara lain data tersebar di instansi sektoral, kualitas data belum terjamin.

Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut perlu satu wadah komunikasi yang diharapkan dapat mencari solusi yang optimal dalam memenuhi kebutuhan data yang lebih berkualitas untuk dimanfaatkan sebagai bahan dalam perencanaan pembangunan daerah yang terukur dan komprehensif.

“Saya meminta kepada Bappeda selaku koordinator dalam perencanaan pembangunan daerah, Diskominfo yang menangani kegiatan statistik sektoral, BPS Kota Langsa sebagai pembina statistik serta OPD lainnya untuk dapat saling bekerja sama menghasilkan data statistik sektoral yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan,” jelas Marzuki Hamid.

Sementara Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Langsa, Teti Darmawati SE menjelaskan, ada dua kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini, pertama FGD pembahasan tentang publikasi dan pencanangan komitmen penyelenggaraan satu data Kota Langsa.

“Kegiatan hari ini merupakan tindakan lanjut dari Perpres 39 tahun 2019 tentang satu data Indonesia,” kata Teti Darmawati.(b13)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2