Waspada
Waspada » Majelis Hakim Dipukul Palu Usai Baca Putusan
Aceh Headlines

Majelis Hakim Dipukul Palu Usai Baca Putusan

Pelaku majelis hakim dipukul dengan palu usai baca putusan, M saat diamankan di sel tahanan Mahkanah Syariah Idi, Aceh Timur, Selasa (7/7). Waspada/Ist
Pelaku majelis hakim dipukul dengan palu usai baca putusan, M saat diamankan di sel tahanan Mahkanah Syariah Idi, Aceh Timur, Selasa (7/7). Waspada/Ist

IDI (Waspada): Majelis Hakim dipukul palu usai baca putusan sidang di Mahkamah Syariah Idi, Kabupaten Aceh Timur.

Ketua Majelis Hakim, Selamat Nasution, S.Hi, MA, menjadi korban pemukulan usai membacakan putusan sidang dalam perkara perceraian di Mahkamah Syariah Idi, Kab. Aceh Timur, Selasa (7/7) sekira pukul 10:15 Wib.

Kejadian Majelis Hakim dipukul palu tersebut terjadi setelah Selamat Nasution sebagai majelis hakim membacakan putusan sidang di Mahkamah Syariah Idi. Ketua Majelis Hakim ini dipukul menggunakan palu di kepala bagian kanan.

Terduga pelaku yang nekat memukul majelis hakim dengan palu berinisial M, 56, asal Desa Beringin, Kec. Peureulak Barat, Kab. Aceh Timur.

M merupakan salah seorang tergugat dalam perkara gugat cerai. Akibat M memukul hakim dengan palu menyebabkan memar dan benjol di bagian kepala sang hakim.

“Pemukulan terjadi secara spontan yang dilakukan pelaku. Kita duga, M sebagai pelaku tidak menerima putusan majelis hakim, sehingga M nekat melakukan pemukulan itu,” kata Humas Mahkamah Syariah Idi, T. Swandi, S.Hi, MH, menjawab Waspada tadi sore.

Dijelaskannya, kejadian berawal ketika majelis hakim selesai membacakan putusan. Tiba-tiba M secara spontan maju ke meja majelis hakim dan langsung mengambil palu di depan Ketua Majelis Hakim dan mengayunkannya ke arah kepala ketua majelis hakim tersebut, menyebabkan lebam di bagian kepala sebelah kanan.

“Setelah pelaku memukul, lalu petugas keamanan di Mahkamah Syariah Idi, langsung mengamankan pelaku ke Sel Tahanan Mahkamah Syariah Idi,” kata T. Swandi seraya mengaku, ketua majelis hakim sebagai korban telah melaporkan kejadian tersebut kepada pihak berwajib untuk diusut.

Pihaknya berharap, kejadian tersebut dapat menjadi pelajaran bagi warga peradilan, sehingga hal serupa tidak terulang. “Mudah-mudahan ke depan lebih safety,” tutur T. Swandi.

Dia juga berharap, kasus tersebut dapat diproses sesuai ketentuan hukum yang berlaku. “M sudah dijemput pihak kepolisian dan saat ini sudah diamankan di polres,” tutup T. Swandi.

Korban Lapor Polisi

Informasi lain yang berhasil dikumpulkan Waspada menyebutkan, Selamat Nasution, S.Hi, MA, telah melaporkan kejadian yang menimpanya ke SPKT Polres Aceh Timur dengan Nomor: LP/79/Yan.1.6./VII/2020/SPKT. Bahkan permasalahan tersebut kini masih dalam penyelidikan Polres Aceh Timur.

Kapolres Aceh Timur AKBP Eko Widiantoro, S.IK, MH, melalui Kasat Reskrim AKP Dwi Arys Purwoko, S.IK, dikonfirmasi Waspada, membenarkan adanya informasi pemukulan terhadap majelis hakim di Mahkamah Syar’iyah Idi.

“Jika sudah dilaporkan, maka kita akan selidiki kasus ini. Namun informasi itu (pemukulan majelis hakim-red) benar adanya,” tutup AKP Dwi Arys Purwoko. (b11)

.

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2