Mahasiswi Asal Medan Gagas Inovasi Eksplorasi Lepas Pantai Ramah Lingkungan - Waspada

Mahasiswi Asal Medan Gagas Inovasi Eksplorasi Lepas Pantai Ramah Lingkungan

  • Bagikan

KUALASIMPANG (Waspada): Ester Anggreni Simanjuntak, mahasiswi asal Medan – Sumatera Utara yang kini menempuh pendidikan di program studi Teknik Perminyakan Universitas Pertamina mengukir prestasi gemilang dengan gagasannya tentang inovasi ekplorasi lepas pantai ramah lingkungan.

Gagasan Ester Anggreni Simanjuntak bersama dua mahasiswa lain yakni Fransisca Indah Permatasari dan Larasati Dina Putri juga berhsil meraih juara 1 dalam ajang Derrick 2021 pada bidang Well Design Competition. Derrick merupakan ajang bergengsi tahunan yang diselenggarakan oleh Politeknik Energi dan Mineral (PEM) Akamigas Cepu.

Kejuaraan ini diikuti oleh tim terbaik dari perguruan tinggi bergengsi di Indonesia, setelah dinyatakan lolos pada preliminary, tim diberikan waktu untuk membuat laporan desain sumur offshore yang berlokasi di Northern Sea, Norwegia.

Dalam siaran pers yang dikirimkan Pristia T.A Humas Universitas Pertamina kepada Waspada.id, Minggu (17/10) menyebutkan, Ester Anggreni Simanjuntak menyoroti dampak pencemaran laut akibat eksplorasi lepas pantai. “Tumpahan minyak tidak saja dapat merusak ekosistem laut dan merugikan para nelayan, perusahaan eksplorasi juga berpotensi menderita kerugian finansial dan reputasi, belum lagi terancam penalti dari organisasi berwenang,” ujar Ester dalam wawancara daring pada Jumat (15/10).

Tantangan nyata dunia eksplorasi ini memotivasi Ester bersama dua mahasiswa lainnya untuk mengajukan gagasan desain pengeboran lepas pantai yang aman dan ramah lingkungan, tim juga memastikan bahwa dari segi biaya, desain yang ditawarkan sangat efisien.

Diakui tim, kehadiran mata kuliah Teknik Pengeboran dan mata kuliah Workover and Well Services (Completion), sangat membantu mereka dalam menyusun proposal.

Selain meraih Juara 1 pada kategori Well Design, Tim dari Universitas Pertamina juga memboyong dua piala lainnya yaitu juara 3 pada kategori Drilling Fluid Design Competition yang dimenangkan oleh Muhammad Kenandipa Putrayandra, Mochamad Fa’iq dan Arbar Laylramadhan. Kemudian juara 3 pada kategori Geothermal Case Study Competition yang diraih oleh Chang Karsten Lee Sangkay, Johanes Timoty Jeremi Terok, Donovan Rendi Suherman dan Serina Andiani Pongtuluran.

Universitas Pertamina juga memberikan beragam beasiswa yang informasinya dapat diakses melalui https://universitaspertamina.ac.id. (b15)

Keterangan Foto : Ester Anggreni Simanjuntak saat melakukan kerja praktik (magang industri) di PT Halliburton Indonesia. Waspada/Ist

  • Bagikan