Lokasi Objek Wisata Tepi Laye Iboih Macat, Tempat Parkir Sempit

- Aceh
  • Bagikan

SABANG (Waspada): Lokasi objek wisata tepi laye Iboh terjadi kemacetan sejak musim libur Idul Fitri di hari pertama karena area parkir sangat sempit.

Persediaan area parkir hanya menampung beberapa mobil saja, sementara jumlah kenderaan yang masuk ke lokasi wisata pantai tepi laye sangat banyak. Di pintu masuk tidak dapat mengendalikan lonjakan arus tamu yang masuk ke lokasi wisata. Begitu juga petugas parkir tidak manpu mengatur ketertiban parkir, sehingga semberaut.

Lokasi area parkir di tepi laye iboh sangat sempit, jumlah kunjungan over kapasitas. Petugas dipintu masuk terus mengambil tiket masuk.

Sebenarnya lapangan parkir yang dibangun BPKS di luar area pantai Tepi laye juga dimanfaatkan dan semua mobil tidak diperkenankan masuk lokasi wisata, tapi masih tidak mampu menampung parkiran, kata Kepala Dinas Pariwisata Sabang, Anas Fachruddin, sabtu (07/05/22).

Pihaknya akan berupaya untuk menambah lokasi area parkir di kawasan menuju pantai Tepi Laye Iboih untuk mengantisipasi macet khususnya pada musim liburan.

Kawasan pantai Tepi Laye merupakan lokasi akses menuju taman laut Pulau Rubiah. Disekitar lokasi pantai itu juga banyak tempat penginapan samgai ke pantai tepi serikui. Begitu juga di Pulau Rubiah ada juga tempat penginapan. Untuk tamu yang menginap di area tepi laye, tepi serikui dan Pulau Rubiah mereka memarkirkan kenderaannya di sekitar pelataran parkiran tepi laye hingga penuh sesak. Apalagi kalau masuk tamu yang menginap di kawasan kota dan sumur tiga mereka mengambil paket wisata snorkling atau skuba dan keliling Pulau Rubiah juga akan parkir kenderaannya di area parkir tepi laye.

Melihat kondisi saat musim libur panjang Idul Fitri petugas pintu masuk ke kawasan wisata pantai Tepi Laye harus mengarahkan parkiran di area parkir di luar area pantai tepi laye. Setelah parkir kenderaan mereka harus jalan kaki menuju pantai.

Kapal Cepat Tujuh Trip

Antisipasi lonjakan penumpang arus balik pelancong dari dan ke Sabang – pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh, pihak pengusaha pelayaran kapal cepat menambah prekwensi trayek menjadi 7 trip pada edisi Sabtu (07/05/22).

Diprediksi puncak lonjakan penumpang kapal cepat dan kapal jenis roro pada medio Sabtu dan Minggu. Karena senin sudah mulai bekerja dan anak-anak mulai sekolah.

Pantauan Waspada di pelabuhan Balohan Sabang Sabtu (07/05/22) pagi, arus balik sangat padat. Namun tidak menjadi kendala setiap satu jam ada kapal cepat untuk mengangkut penumpang arus balik. Begitu juga kapal lambat KMP. BRR dan KMP. Aceh Hebat 2 menambah jadwal keberangkatan hingga malam hari.

Sejumlah masyarakat mengapresiasi upaya pengusaha kapal cepat dan ASDP menambah trip pelayaran sehingga penumpang tidak ada yang terlantar di pelabuhan.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Sabang, Anas Fachruddin. Tahun ini pasca dilonggarkan protokol kesehatan Covid-19, pengunjung dari berbagai penjuru di tanah air ini atau sering disebut wisatawan nusantara (Wisnu) benar-benar memanfaatkan kesempatan libur panjang idul fitri untuk menikmati liburan bersama keluarga.

Pelayanan di pelabuhan Balohan Sabang sudah baik. Apalagi gedung terminal pelabuhan penyeberangan Balohan yang baru dibangun BPKS sudah dapat dimanfaatkan untuk pelayanan publik.

Tinggal saja pihak otoritas pelabuhan meningkatkan pelayanan dan menjaga kebersihan baik di dalam ruangan maupun di luar seperti di bandara penerbangan. (b.18)

Kondisi kenderaan macat di objek wisata pantai tepi laye Iboih. Waspada/T. Zakaria Al Bahri

Kondisi di tempat penjualan tiket di pelabuhan Balohan Sabang. Waspada/T. Zakaria Al Bahri

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *