Waspada
Waspada » Lhong Kembali Dilanda Banjir
Aceh Headlines

Lhong Kembali Dilanda Banjir

Lhong Banjir
Akibat hujan lebat melanda kawasan Kecamatan Lhong, Aceh Besar, Sabtu (16/5) mengakibatkan sungai Krueng Kala meluap dan mengenangi perumahan warga, jalan penghubung antar desa serta areal persawahan. (Waspada/Muhammad Zairin/B)

KOTA JANTHO (Waspada): Banjir luapan dan longsor kembali melanda sejumlah kawasan Kabupaten Aceh Besar, akibat intensitas hujan lebat, Sabtu (16/5). Terutama di Kecamatan Lhong, yang kembali banjir karena meluapnya sungai Krueng Kala.

Operator Pusdalops BPBD Aceh Besar melaporlan  akibat intensitas hujan lebat di Kecamatan Lhong dari pukul 14.55 Wib telah mengakibatkan terjadinya banjir luapan di daerah aliran sungai (DAS) Krueng Kala dengan ketinggian air mencapai satu meter.

Banjir luapan itu merendam beberapa unit rumah warga dan areal pertanian seperti sawah. Tidak hanya itu, banjir luapan juga mengakibatkan badan jalan menuju tempat wisata air terjun Suhom kembali longsor.

Tim Damkar BPBD Aceh Besar Pos Lhong yang mendapat informasi langsung ke lokasi melakukan penanganan dan pendataan. Sekaligus mengawasi kondisi dan situasi serta melakukan himbauan kepada warga masyarakat yang berdomisili di daerah aliran sungai tetap siaga dan waspada.

Tim BPBD Aceh Besar mencatat beberapa dampak luapan Krueng Kala, antara lain terendamnya rumah warga di aliran sungai Krueng Kala dan di Gampong Geunteut.

Longsornya badan jalan menuju ke arah tempat wisat air terjun suhom, terkikisnya biram jalan baik jalan penghubung desa maupun jalan nasional akibat tergerus air dan material longsor.

Selain itu, rusaknya pipa penyaluran air bersih (PDAM) yang mengairi air bersih ke pemukiman warga, rusaknya lahan pertanian dan tergenangnya areal persawahan sekitar 60 hektar.

Pusdalops BBPD Aceh Besar melaporkan kondisi mutakhir, bahwa air sungai Krueng Kala sudah surut pada pukul 17.20 Wib, dan masyarakat yang rumahnya ikut terendam sudah kembali dibersihkan. (b06)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2