Waspada
Waspada » Lapas Kelas II B Lhoksukon Peringati Maulid Dan Santuni 30 Yatim
Aceh

Lapas Kelas II B Lhoksukon Peringati Maulid Dan Santuni 30 Yatim

Kalapas Kelas II B Lhoksukon Yusnaidi. Lapas Kelas II B Lhoksukon Peringati Maulid Dan Santuni 30 Yatim. Waspada/Ist
Kalapas Kelas II B Lhoksukon Yusnaidi. Lapas Kelas II B Lhoksukon Peringati Maulid Dan Santuni 30 Yatim. Waspada/Ist

LHOKSUKON (Waspada): Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Lhoksukon, Yusnaidi kepada Waspada.id, Rabu (20/1) pukul 16:00 menyebutkan, pihaknya Kamis (21/1) pagi melaksanakan kegiatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW dan menyantuni 30 anak yatim.

Kegiatan itu dilaksanakan sebagai wujud rasa syukur pihaknya selamat dari musibah banjir besar yang melanda Lhoksukon selama tiga hari tiga malam.

Di dalam Lapas Kelas II B tersebut, kata Yusnaidi, ketinggian air mencapai 60 Cm, sedangkan di luar Lapas sangat tinggi. Untuk akses masuk kantor setiap hari pihaknya terpaksa menggunakan perahu karet atau speed boat. Pun demikian, kondisi di dalam Lapas sangat kondusif.

Para warga binaan yang jumlahnya mencapai 450 orang bersikap tenang, sabar dan tidak membuat gaduh. Mereka mendengarkan setiap arahan yang disampaikan orang nomor satu di Lapas Kelas II B itu.

Kondisi ini, kata Yusnaidi, sangat berpengaruh oleh pembekalan yang diberikan setiap hari melalui kegiatan pengajian rutin yang sudah berlangsung setahun.

“Padahal air sudah masuk ke dalam Lapas hingga 60 Cm, memang genangan air belum menyentuh tempat tidur. Warga binaan bertahan dan sabar. Mereka tidak membuat gaduh. Mereka sangat patuh pada setiap arahan yang kita sampaikan. Saya pribadi mengucapkan terimakasih banyak untuk warga binaan kami,” sebut Yusnaidi kepada Waspada.id.

Karena itu, program pengajian melalui dayah yang ada di Lapas Kelas II B tetap harus dilanjutkan. Untuk kelanjutan program tersebut, Yusnaidi mengharapkan perhatian serius Pemkab Aceh Utara melalui Dinas Dayah. Selama ini, semua biaya guru-guru pengajian ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Utara.

“Untuk anggaran tahun ini sampai detik ini masih aman. Mudah-mudahan tidak hilang. Ini informasi yang saya terima dari bawahan saya, saat berjumpa dengan Kadis Dayah Aceh Utara, Abdullah Hasbullah kemarin. Semua honor guru pengajian ditanggung oleh Aceh Utara. Terimakasih,” ucapnya.

Kemudian, Yusnaidi mengatakan, kalau kemarin itu, pada saat musibah banjir terjadi dan genagan air sempat menyentuh ranjang tidur (tempat tidur) warga binaan, maka pihaknya telah berkoordinasi dengan Kapolres Aceh Utara dan Kepala Kejaksaan Negeri Lhoksukon, semua warga binan dievakuasi. Dan pihak Polres dan Kejari telah menyiapkan armada masing-masing dua unit mobil.

“Alhamdulillah berkat doa semua pihak hal ini tidak terjadi. Hingga kondisi kondusif dan normal seperti sebelumnya, warga binaan tetap bertahan di Lapas. Ini suatu hal yang luar biasa dan harus kita syukuri. Makanya, Kamis (21/1) pagi kita lakukan tepung tawar Lapas Kelas II B dan kita berdoa kepada Allah SWT agar kita semua dijauhkan dari berbagai macam bencana,” katanya.

Disebutkan, banjir besar yang melanda Lhoksukon itu terjadi tiga hari tiga malam yaitu pada tanggal 7, 8, dan 9 pada bulan Desember 2020. “Semua kita waktu itu kompak, baik warga binaan maupun para pegawai Lapas. Kita semua selamat. Setiap hari saya standbye di sana,” katanya.

Yusnaidi menyebutkan, selain dilanda banjir ketika itu PLN padam, suplai air bersih dari PDAM Tirta Mon Pase terhenti. Namun atas izin Allah SWT kata Yusnaidi, semua masalah tersebut terlewati dengan baik.

Setelah acara tepung tawar dan doa bersama, acara dilanjutkan dengan dzikir maulid oleh anak-anak santri dari Kecamatan Tanah Pasir, Aceh Utara.

Kemudian masuk pada acara inti yaitu mendengarkan nasehat yang disampaikan oleh Pimpinan Dayah Ulumul Falah, Tengku H. Ridwan Yasin, S.Pd.I. “Setelah itu baru dilanjutkan dengan makan siang bersama di Lapas, katanya.

Menjawab Waspada.id, Yusnaidi menyebutkan, peringatan maulid kali ini mengambil tema berbagi pada sesama sebagai wujud kepedulian sosial berdasarkan sunah Rasulullah SAW. (b07)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2