Waspada
Waspada » Lapas dan Kantor Imigrasi Lhokseumawe Komit Bangun Zona Integritas
Aceh

Lapas dan Kantor Imigrasi Lhokseumawe Komit Bangun Zona Integritas

Waspada/Zainal Abidin Kalapas Kelas-IIA Lhokseumawe Nawawi melakukan penandatangan piagam pencanangan pembangunan Zona Integritas, Kamis (18/2) di Lapas Lhokseumawe.

 

LHOKSEUMAWE (Waspada): Lapas Lhokseumawe, Lapas Lhoksukon, Kantor Imigrasi Lhokseumawe dan Balai Pemasyarakatan Lhokseumawe, mendeklarasikan zona integritas menuju WBK dan WBBM, Kamis (18/2) di Lapas Lhokseumawe.

Kegiatan itu dinilai akan terwujud dengan dukung aparat penegak hukum dan masyarakat, terutama pers.

Penandatanganan Piagam Pencanangan Pembangunan Zona Integritas dilakukan Kepala Lapas Kelas-II A Lhokseumawe Nawawi, Kepala Lapas Kelas-II Lhoksukon Yusnaidi, Kepala Kantor Imigrasi Kelas-II TPI Lhokseumawe, Fauzi dan Kepala Balai Pemasyarakatan Kelas II Lhokseumawe.

Dalam kesempatan itu Kalapas Kelas IIA Lhokseumawe Nawawi menjelaskan, deklarasi janji kinerja dan pencanangan pembangunan zona integritas, menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Ini merupakan langkah awal menentukan upaya dalam rangka persiapan perubahan-perubahan terutama terhadap enam area perubahan.

“Enam area perubahan yaitu manajemen perubahan, penataan tata laksana, penguatan menajemen SDM, penguatan akuntabilitas, pengawasan dan peningkatan kualitas pelayanan publik,” jelasnya.

Selain itu juga merupakan dasar bagi Kalapas, Kepala Kantor Imigrasi dan Kepala Badan Pemasyarakat untuk mengerakkan sumberdaya dalam mencapai kinerja organisasi yang optimal.

“Sehingga berdampak positif bagi pemerintahan dan masyarakat,” jelas Nawawi.

Agar lebih terarah dan tepat sasaran, tambahnya, perlu dilakukan pengawasan atas pengawalannya baik dari segi integritas maupun akuntabilitas.

Integritas berarti seorang ASN di lingkungan Lapas, Kanim, dan Bapas harus memiliki konsistensi dalam tugasnya, memiliki nilai-nilai moral dan prinsip-prinsip kejujuran dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya sehingga semua tugas-tugas yang dilaksanakan dapat dipertanggungjawabkan sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku.

“Deklarasi Janji Kinerja ini dinilai juga merupakan wujud dari tata nilai dan budaya kerja Kemenkumham yaitu, PASTI,” kata Nawawi.

Deklarasi Janji Kinerja dan Perancangan Pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM terlaksana sebagaimana mestinya apabila didukung oleh berbagai pihak dan kalangan, aparat penegak hukum dan masyarakat. “Serta stakeholder lainnya, terutama sekali teman-teman pers,” lanjutnya.

Tanpa dukungan kalangan pers mustahil masyarakat paham apa yang sedang dan akan datang dilakukan oleh Lapas, Kantor Imigrasi dan Bapas.

“Karena itu peran pers sangat penting untuk mensukseskan kegiatan-kegiatan pelayanan publik yang dilaksanakan di Lapas, Kantor Imigrasi dan Bapas saat ini, disamping pers sebagai sosial kontrol juga punya andil dan berkonstribusi positif terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi di instansi pemerintahan khususnya di Lapas Kanim dan Bapas,” jelas dia kembali.

Deklrasi tersebut ikut disaksikan Forkopimda Lhoklseumawe. Diantaranya, mewakili Walikota Lhokseumawe, mewakili Kapolres Lhokseumawe, Kepala Kejaksaan Negeri Lhokseumawe Dr.Muklis, SH, MH, Ketua Pengadilan Negeri Lhokseumawe Teuku Syarafi, SH, MH, dan Komandam Kodim 0103 Aceh Utara Letkol Arm Oke Kistiyanto, S.A.P.(b08)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2