Waspada
Waspada » Lagi, Tiba Di Singkil Turis Asal Polandia Putar Balik Ke Medan
Aceh

Lagi, Tiba Di Singkil Turis Asal Polandia Putar Balik Ke Medan

Seorang Turis asing saat menjalani pemeriksaan petugas pelabuhan dan Tim Pora Aceh Singkil, Selasa (31/2). Waspada/Arief H 
Seorang Turis asing saat menjalani pemeriksaan petugas pelabuhan dan Tim Pora Aceh Singkil, Selasa (31/2). Waspada/Arief H 

SINGKIL (Waspada): Seorang Warga Negara Asing (WNA) asal Polandia yang tiba di Pulo Sarok, Kecamatan Singkil, Aceh Singkil, terpaksa kembali ke Medan, lantaran lokasi wisata Pulau Banyak Aceh Singkil sementara ditutup.

Sekretaris Tim Pengawas Orang Asing (Pora) Aceh Singkil, Mardiah, Selasa (31/3) di Pelabuhan Singkil mengatakan, seorang wisatawan asing berkebangsaan Polandia diminta balik keluar Aceh Singkil, lantaran situasi Indonesia dalam tahap pencegahan penyebaran wabah Corona, virus (Covid-19).

“WNA itu tiba di Pulo Sarok, Senin (30/3) malam bersama mobil agen travel yang ternyata sempat menginap di salah satu hotel di Aceh Singkil,” kata Mardiah.

Paginya, Selasa (31/3) sekitar pukul 09:30 WIB, di Pelabuhan Fery Cabang Singkil, tim melakukan pencekalan dan meminta warga asing tersebut untuk balik meninggalkan Aceh Singkil.

“Saat di cek suhu tubuh WNA tersebut oleh pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), 36,6 derajat serta memiliki surat kesehatan dari pusat, namun setelah diberikan pengarahan, yang bersangkutan mengerti dan akan balik arah,” ujarnya.

Hasil interogasi pihak Tim Pora, riwayat perjalanan WNA tersebut dari negara asalnya Polandia menuju ke Yogyakarta dan Medan. Kemudian Danau Toba, Bukit Lawang dan Tanah Karo, Berastagi, Sumatera Utara.

Selama sekitar tiga bulan di Sumatera Utara, selanjutnya WNA ini langsung menuju Aceh Singkil. Walaupun bertolak balik ke Medan lantaran diminta pulang oleh Tim Pora dari Pelabuhan Feri Singkil.

Sekitar pukul 09:30 WIB WNA tersebut berangkat melalui jalur darat menumpang jasa travel menuju Bandara KNIA Medan dan hendak kembali ke negaranya melalui penerbangan di Bandara Bali.

Sebelumnya Bupati Aceh Singkil juga telah menetapkan melalui Surat Edaran Dinas Pariwisata Aceh Singkil, untuk menutup sementara seluruh objek wisata di Aceh Singkil, guna menghindari penyebaran Virus Corona. (Cah)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2