Lagi, Gajah Mati Di Aceh

Lagi, Gajah Mati Di Aceh

  • Bagikan
GAJAH MATI: Satu individu anak gajah sumatera yang ditemukan kritis di Aceh Jaya, kini mati saat dalam perawatan petugas kesehatan di PLG Saree, Aceh Besar, Selasa (16/11). Waspada/Ist
GAJAH MATI: Satu individu anak gajah sumatera yang ditemukan kritis di Aceh Jaya, kini mati saat dalam perawatan petugas kesehatan di PLG Saree, Aceh Besar, Selasa (16/11). Waspada/Ist

IDI (Waspada): Setelah satu individu anak Gajah Sumatera gagal diselamatkan di Aceh Timur, 9 Februari 2020 lalu, kini giliran anak gajah yang ditemukan di Aceh Jaya, kembali mati di lokasi Pusat Latihan Gajah (PLG) Saree, Aceh Jaya, Selasa (16/11).

“Benar, kita sudah berusaha menyelamatkan anak gajah yang terperangkap jerat di Aceh Jaya dengan mengevakuasi ke PLG Saree, Aceh Besar. Tapi kurang dari 2X24 jam, gajah ini mati,” kata Kepala Balai Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Agus Arianto S.Hut, menjawab Waspada.id, Selasa (16/11) sore.

Dijelaskan, petugas kesehatan sudah berusaha semaksimalnya dalam menyelamatkan anak gajah usia setahun ini. Bahkan belalai yang terkena jerat itu telah diamputasi demi keselamatan satwa dilindungi itu, namun usaha pihaknya gagal. “Kami menerima laporan gajah ini mati sekira pukul 08:00,” sebut Egy, sapaan Agus Arianto.

Kata dia, jerat yang dipasang tersebut terkena di bagian pertengahan belalai. Diperkirakan terkena sekitar sebulan lebih, sehingga infeksinya mulai melebar kemana-mana dan gajah mengalami malnutrisi yang berat.

“Mal-nutrisi terjadi akibat anak gajah ini tidak bisa makan dengan sempurna, kecuali hanya daun-daun yang sejajar dan setinggi dengan anak gajah itu sendiri, sehingga anak gajah ini mengalami malnutrisi,” timpa Egy.

Koordinasi

Egy mengaku, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak Polres ke Aceh Jaya. Begitu juga dengan nekropsi juga sudah dilakukan, sehingga penyelidikan akan dilakukan pihak kepolisian.

“Mudah-mudahan tidak ada lagi yang memasang jerat, karena hutan kita kaya berbagai jenis satwa dilindungi, seperti gajah dan harimau serta lainnya,” demikian Egy.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, satu individu gajah usia setahun ditemukan di Desa Alue Meuraksa, Teunom, Aceh Jaya, Minggu (14/11). Mengingat kondisi luka di bagian belalai yang cukup parah, lalu pihak BKSDA Aceh mengevakuasi Gajah Sumatera itu ke PLG Saree, Aceh Besar. (b11/I)

  • Bagikan