Lagi, 117 Warga Aceh Dipulangkan, Perjalanan Dari Malaysia – Batam – Medan – Aceh

- Aceh
  • Bagikan

IDI (Waspada): Solidaritas Ummah Ban Sigom Aceh (SUBA) kembali memulangkan 117 warga Aceh dari Malaysia. Sejak Agustus lalu hingga saat ini, keseluruhan warga Aceh yang sudah tiba di tanah air sebanyak 427 orang.

“Total warga yang sudah kita fasilitasi dan bantu pemulangan sebanyak 427 orang, termasuk 21 orang yang kita pulangkan hari ini (kemarin—red),” ujar Ketua Umum SUBA Pusat, Tgk Bukhari Ibrahim, menjawab Waspada, Minggu (21/11).

Dijelaskan, pemulangan 21 warga Aceh melalui Pelabuhan Stulang Laut, Johor Bahru, berjalan lancar sesuai dengan tiket yang sudah disediakan. Begitu juga dengan pemulangan 49 orang sehari sebelumnya, Sabtu (20/11).

Sementara sebanyak 46 orang sebelumnya dipulangkan melalui Pelabuhan Pasir Gudang, Johor Bahru, Kamis (18/11). “Hingga saat ini tidak ada kendala yang berarti dalam pemulangan ini, bahkan sejumlah tokoh Aceh di Malaysia juga ikut menghantar ke pelabuhan,” timpa Tgk Bukhari.

Sejumlah tokoh Aceh di Malaysia yang terlibat dan membantu memfasilitasi pemulangan warga Aceh di Malaysia itu antara lain Tgk H Dian atau Abati (Aceh Timur), Datok H Mansyur (Aceh Utara), Tgk Marwan (Pidie Jaya), Tgk Zakaria Hamzah (Pidie), Tgk Fathurrahman (Bireuen), Tgk M Djafar Isya Reubee (Pidie), dan Tgk Azuhar (Bireuen).

Ketua Umum SUBA Pusat, Tgk Bukhari Ibrahim. Waspada/Ist.

Sebagaimana pemulangan sebelumnya, lanjut Tgk Bukhari Ibrahim, seluruh warga Aceh akan akan menempuh perjalanan dari Pasir Gudang atau Stulang Laut, Johor Bahru, ke Pulo Batam. Setelah selesai karantina tiga hari, lalu akan bertolak ke Bandara Internasional Kualanamu menggunakan pesawat udara.

Ditambahkan, sesampai di Bandara Kualanamu, warga Aceh akan disambut dengan upacara tepung tawar (peusijuek—red) oleh Tim Adat Aceh (TAA) Cang Panah Sumut dan Tim SUBA Perwakilan Sumut.

Begitu juga saat tiba di Pulo Batam, para warga Aceh juga disambut Tim SUBA Perwakilan Pulo Batam bersama Persatuan Masyarakat Aceh (Permasa) Pulo Batam. “Untuk masa karantina, warga Aceh dilakukan di Pulo Batam selama tiga hari,” demikian Tgk Bukhari Ibrahim.

Jadwal Pemulangan

SUBA Pusat juga menyampaikan bahwa pemulangan selanjutnya akan dilakukan 24-25 November, 3-4 Desember, 14-15 Desember, dan 24-25 Desember. Untuk mendapatkan bantuan dan fasilitasi pihak SUBA, pihaknya mempersilakan masyarakat Aceh di Malaysia untuk menghubungi sejumlah nomor kontak person +60169199777, +60163884500, +60126660616, dan +601123577886. (b11/I)

Keterangan Foto : ANTAR KE PELABUHAN: Ketua Umum SUBA Pusat, Tgk Bukhari Ibrahim, Tgk H Dian atau Abati, memberikan bimbingan ke warga Aceh yang hendak dipulangkan ke Aceh melalui Pelabuhan Pasir Gudang, Johor Bahru, Malaysia, Minggu (21/11) dini hari. Waspada/Ist.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *