Lagi, 10 Hektar Hutan Pinus Terbakar di Bener Meriah, Sembilan Unit Damkar Dikerahkan - Waspada

Lagi, 10 Hektar Hutan Pinus Terbakar di Bener Meriah, Sembilan Unit Damkar Dikerahkan

- Aceh
  • Bagikan

REDELONG (Waspada) : Sekitar 10 hektar hutan pinus di pinggir perlintasan jalan nasional Bireuen – Takengon tempatnya di Kampung Arul Cincin, Kecamatan Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah terbakar.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bener Meriah, Safriadi kepada Waspada mengatakan, kebakaran itu terjadi pada Rabu 13 Oktober 2021, malam.

                                             

“Ada sembilan unitu Pemadam Kebakaran (Damkar) kita kerahkan untuk memadamkan kobaran api, begitu juga dibantu oleh TNI dan Polri serta masyarakat setempat,” ujarnya.

Menurut Safriadi, kebakaran hutan di Kecamatan Pintu Rime Gayo tersebut merupakan kebakaran hutan terbesar sejak bulan Oktober 2021.

“Sehingga, terhitung sejak bulan Oktober 2021, kebakaran hutan dan lahan sudah mencapai 21 hektar tersebar di lima kecamatan di Kabupaten Bener Meriah,” sebutnya.

Ia berharap kepada masyarakat untuk menghindari pembukaan lahan dengan cara membakar dan membuang puntung rokok sembarangan karena sangat beresiko terhadap kebakaran.

“Belum lagi, kecepatan angin tiga hari kedepan berkisar 5 sampai 3 Km/perjam. Jadi saya mohon himbauan ini dapat diindahkan oleh masyarakat yang sedang membuka lahan,” tutupnya.

Sementara itu, pantauan waspada di perlintasan jalan nasional Bireuen – Takengon Kamis (14/10), petugas gabungan yang terdiri dari BPBD, TNI dan masyarakat setempat sedang memotong dua batang kayu pinus yang sudah lapuk dimakan api.

“Jika tidak dipotong, yang kita takutkan kayu itu tiba-tiba saja tumbang sewaktu-waktu hingga menyebabkan terjadinya kecelakaan terhadap pengguna jalan,” kata Safriadi.

Perlu diketahui, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dijadwalkan pada Sabtu 16 Oktober 2021 besok akan melintasi jalan tersebut.

Ia dikabarkan akan mengikuti pelaksanaaan balap sepeda (road bike) bertajuk Tour de Gayo 2021 rute Bireuen – Takengon dengan jarak 100 Kilometer. (Cet)

Petugas sedang memadamkan kobaran api pada kebakaran hutan di perlintasan jalan Bireuen – Takengon, Kampung Arul Cincin, Kecamatan Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah, Kamis (14/10). Waspada / Eri Tanara

  • Bagikan