Waspada
Waspada » Kota Langsa Butuh Sekolah Boarding School Tingkat SMA/SMK
Aceh

Kota Langsa Butuh Sekolah Boarding School Tingkat SMA/SMK

LANGSA (Waspada): Kota Langsa butuh sekolah dengan sistem berasrama (boarding school) setingkat SMA/SMK, sebagai langkah baik memajukan dunia pendidikan dan menciptakan sekolah-sekolah yang berkualitas.

“Kualitas pendidikan harus terus ditingkatkan juga dikembangkan untuk menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas di Kota Langsa. Menyahuti itu, Pemerintah Aceh perlu membangun satu sekolah dengan konsep boarding school di Kota Langsa,” ungkap Wakil Ketua II DPRK Langsa, Ir Joni kepada wartawan, Rabu (24/2).

Lanjutnya, boarding school adalah sekolah dengan tinggal di asrma. Yang membedakan dengan sekolah umum selain tinggal di asrama adalah adanya tambahan pondok pesantren/dayah yang include didalamnya. Dapat dikatakan bahwa Boarding School adalah perpaduan antara persekolahan dengan dunia pondok pesantren/dayah.

Apalagi, pendidikan merupakan bagian penting wajib dimiliki setiap orang. Kualitas unggul harus terus dibentuk guna menciptakan kualitas SDM baik, dapat bersaing dengan daerah dan negara-negara maju di luar sana.

Menurut legislator dari Partai Demokrat ini, Kota Langsa sudah selayaknya harus memiliki sekolah-sekolah unggulan di tingkat SMA/SMK menggunakan sistem boarding school. Alasannya, usia yang rawan dan rentan itu adalah usia anak di tingkat SMA/SMK, yakni ketika anak lepas dari pengawasan sekolah dan rumah.

“Dengan sistem boarding school dapat mengawasi anak di usia remaja selama 24 jam. Sistem boarding school itu sendiri mengadopsi dari sistem pesantren/dayah yang merupakan sebuah sistem pendidikan tertua yang ada di Indonesia,” ujarnya.

Lebih jauh, ditambah Joni lagi, untuk menyelamatkan anak di usia remaja yang sedang dalam kegelisahan mencari arah tujuan dan jati diri, maka sistem boarding school adalah alternatif.

Belum lagi, tantangan yang terberat dihadapi bangsa Indonesia, khususnya Kota Langsa saat ini adalah menyiapkan SDM berkualitas yang memiliki ilmu pengetahuan, keterampilan, sikap, dan moral yang baik.

“Kebutuhan SDM untuk masa depan tidak hanya dalam kuantitas namun juga kualitas yaitu insan yang berkarakter dan berakhlak mulia. Menyahuti itu, Kota Langsa harus dibangun sekolah boarding school, apalagi dengan hadirnya perguruan tinggi negeri di Kota Langsa sangat lengkap rasa menciptakan kota ini sebagai kota jasa pendidikan,” sebutnya.

Joni mengakui dirinya sampai saat ini masih khawatir dengan sistem yang ada hanya parsial, tidak memberikan pendidikan secara optimal seperti sistem boarding school.

Oleh karenanya, dirinya mengusulkan kepada pemerintah daerah agar segera dibangun sekolah setingkat SMA/SMK dengan sistem boarding school tersebut di Kota Langsa.

“Karena sekolah boarding school tingkat SMA/SMK ini sekarang di bawah naungan/pembinaan dari Pemerintah Provinsi, maka kita meminta agar para legislator/anggota DPRA Dapil 7 kiranya dapat memperjuangkan aspirasi ini dan mendesak Dinas Pendidikan Provinsi Aceh kiranya dapat mewujudkan sekolah boarding school setingkat SMA/SMK di Kota Langsa,” tutup Ir Joni.(b13)

Headshoot
Wakil Ketua II DPRK Langsa, Ir Joni

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2