BLANGPIDIE (Waspada): Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK), Aceh Barat Daya (Abdya), menyiapkan Call Center (pusat panggilan) khusus, untuk kondisi kedaruratan 24 jam, bagi masyarakat Abdya.
Kepala BPBK Abdya Armayadi ST Jumat (13/10) mengatakan, call center ini merupakan suatu jalan pintas bagi masyarakat, untuk melaporkan jika dihadapkan dengan situasi kedaruratan. Tujuannya, setiap informasi terkait kondisi kedaruratan, akan lebih cepat diperoleh oleh BPBK Abdya, serta dapat bergerak cepat ke lapangan.
Dikatakan, penangangan bencana bukan hanya tanggung jawab pemeritah daerah semata, melainkan tanggung jawab semua elemen masyarakat. Mulai dari penyampaian informasi kedaruratan, hingga upaya dalam pencegahan terjadinya bencana. Intinya, peran aktif masyarakat sangat dibutuhkan, dalam upaya penanggulangan setiap bencana. “Dengan adanya call center kedaruratan ini, kita berharap dapat meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana, yang tidak diinginkan dan tidak tahu kapan akan terjadi,” harap Armayadi.
Armaydi menambahkan, nomor siaga 24 jam ini, dapat dimanfaatkan dengan bijak oleh masyarakat yang membutuhkan, terutama dalam kondisi kedaruratan. Pihaknya juga meminta masyarakat tidak sungkan melaporkan, jika ada kejadian membahayakan manusia dan darurat, terutama soal kebencanaan.
Adapun call center BPBK Abdya yang siap sedia 24 jam itu masing-masing, WhatsApp 0812 6903 1755 dan telepon 0659-91113. Nomor ini 24 jam selalu siap di pos piket Kantor BPBK Abdya kompleks perkantoran Pemkab Abdya.(b21)