Waspada
Waspada » Komisi III DPRK Langsa Minta RSUD Langsa Bersiap Hadapi Covid-19
Aceh

Komisi III DPRK Langsa Minta RSUD Langsa Bersiap Hadapi Covid-19

Wakil Ketua Komisi III DPRK Langsa, Jeffry Sentana. Waspada/Ist
Wakil Ketua Komisi III DPRK Langsa, Jeffry Sentana. Waspada/Ist

LANGSA (Waspada): Wakil Ketua Komisi III DPRK Langsa, Jeffry Sentana meminta pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Langsa bersiap siaga dalam penanganan pandemi Virus Corona (COVID-19) dengan jelas serta terukur agar masyarakat lebih tahu dan nyaman.

Menurut, Jeffry Sentana, mengkhawatirkan ketidakjelasan rencana penanganan pihak RSUD Langsa bisa mengakibatkan kekacauan, terutama soal kurangnya Sarana dan Prasana dalam penangan COVID-19.

“Jangan sampai RSUD Langsa tidak siap. Apalagi RSUD Langsa telah ditunjuk sebagai salah satu Rumah Sakit Rujukan penanganan COVID 19 di Provinsi Aceh oleh Plt Gubernur Aceh. Masalahnya sampai sekarang ini belum tersedianya sarana dan prasarana memadai dalam penanganan Virus Corona,” kata Jeffry kepada wartawan, Kamis (26/3).

Politisi muda Partai Gerindra itu lebih lanjut mengatakan, tidak mungkin juga RSUD Langsa menolak masyarakat yang terindikasi Corona, masyarakat yang terkena Corona mau dibawa ke mana lagi jika bukan ke RSUD Langsa. Alasan ketidaksiapan sarana dan prasarana bukan jawaban atas bencana ini.

Siapkan APD Dan Ruang Terpisah

Jeffry, meminta segera RSUD Langsa untuk bersiaga apabila nantinya ada masyarakat yang terpapar COVID-19 mereka sudah siap. Siaga disini maksudnya mereka segera melengkapi APD (Alat Pelindung Diri) untuk Perawat maupun Dokter yang menangani Covid-19 agar mereka juga tidak ikut terpapar.

Sambung, Jeffry, RSUD Langsa juga harus membuat dan menemukan area ruangan khusus di RSUD Langsa untuk penanganan COVID-19 jangan bercampur dengan pasien yang belum terpapar.

Bisa saja pasien Covid-19 khusus di ruangan Lantai III atau ruangan lainnya yang memungkinkan. Ruangan itu juga harus dijaga untuk mencegah pasien Covid-19 melarikan diri atau berbaur dengan pasien lainnya.

“BPBD dan Dinas Kesehatan Langsa sebagai Gugus Tugas Covid-19 harus lebih aktif melakukan fungsi koordinasi dengan lembaga dan pemerintah daerah, terutama menyangkut bagaimana strategi yang diterapkan di berbagai tingkatan,” saran Jeffry

Kepada segenap lapaisan elemen, Jeffry juga meminta masyarakat untuk mematuhi imbauan Social Distancing dari Pemerintah serta menjaga kesehatan diri dan keluarga. Diantaranya dengan minum air putih yang cukup dan berjemur dibawah Matahari pagi sehingga dapat meningkatkan Imun tubuh.

“Keselamatan jiwa hal utama yang wajib terlindungi dan jangan lupa tetap berdoa kiranya Allah Swt memberikan kesehatan dan keselamatan bagi warga Kota Langsa,” tukas Jeffry sembari tersenyum. (m43)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2