Komisi II DPRA Dukung Pemkab Aceh Tamiang Jadikan Nilam Komoditi Utama - Waspada

Komisi II DPRA Dukung Pemkab Aceh Tamiang Jadikan Nilam Komoditi Utama

  • Bagikan

LANGSA (Waspada): Komisi II DPR Aceh mendukung langkah kongkrit Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang untuk menjadikan kabupaten tersebut sebagai sentra tanaman nilam.

Anggota Komisi II DPR Aceh dari Fraksi PKS, Nova Zahara mengungkapkan usai mengunjungi Kampung Pantai Tinjau, Kec. Sekerak Kabupaten Aceh Tamiang bersama tim 5 penggerak tanaman nilam Aceh Tamiang, Syahrial sekaligus melihat langsung tanaman tersebut, Rabu (13/10).

Acara yang berlangsung di salah satu rumah aparatur kampung ini juga turut dihadiri Kabag Humas Pemkab Aceh Tamiang, Zuwan, Kabid Program Bappeda Aceh Tamiang, Yani yang juga merupakan praktisi pertanian serta Datok Penghulu Kampung Pantau Tinjau.

“Saya sangat menyambut baik langkah tersebut agar Aceh Tamiang menjadi sentra penanaman dan kalau bisa kedepannya juga sentra pembibitan nilam. Karena ini akan meningkatkan taraf perekonomian masyarakat,” kata Nova.

Sementara Kabag Humas Pemkab Aceh Tamiang, Zuwan dalam kesempatan yang sama mengatakan, Pemkab Aceh Tamiang serius dalam hal mewujudkan Aceh Tamiang sebagai sentra tanaman Nilam di Aceh.

“Pak Bupati dan Wakil Bupati sangat serius mewujudkan program ini. Apalagi menurut info yang kami terima, akan ada pendanaan yang diberikan oleh APBN terkait hal ini,” kata Zuwan yang juga dibenarkan Kabid Program Bappeda Aceh Tamiang Yani.

Sedangkan Yani menambahkan, dukungan dari Anggota Komisi II DPR Aceh sangat diperlukan dalam rangka mensukseskan program ini.

“Apalagi dalam hal ini Ibu Nova selaku Anggota DPR Aceh yang duduk di Komisi Pertanian dan berasal dari dapil 7 sangat mendukung program ini. Saya kira ke depannya program ini akan berjalan dengan baik,” tambah Yani.

Nova Zahara kemudian menambahkan bahwa pada RAPBA tahun 2022 pihaknya sudah mengusulkan pengadaan ketel untuk menyuling minyak nilam.

“Saya sudah mengusulkan pengadaan ketel di RAPBA 2022 agar petani nilam Aceh Tamiang tidak lagi menjual daun dan batang keringnya, tapi juga sudah harus menjual minyak nilam. Karena harganya jauh lebih mahal dan ini sudah pasti akan meningkatkan taraf perekonomian masyarakat,” tambah Nova.

Dalam kesempatan itu juga Datok Penghulu Kampung Pantai Tinjau, Bapak Abdul Matin mengungkapkan rasa gembiranya atas kehadiran anggota DPR Aceh.

“Ini merupakan kunjungan Anggota DPR Aceh yang pertama ke kampung kami. Apalagi di sertai dengan program bantuan untuk kegiatan pertanian nilam. Tentu kami sangat menyambut baik. Kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ibu Nova,” tandas Abdul Matin. (b13)

Keterangan Foto : Komisi II DPR Aceh saat mengunjungi Kampung Pantai Tinjau, Kec. Sekerak, Kabupaten Aceh Tamiang bersama tim 5 penggerak tanaman nilam Aceh Tamiang, Syahrial sekaligus melihat langsung tanaman tersebut, Rabu (13/10). Waspada/ist

  • Bagikan