Waspada
Waspada » Kodim 0110/Abdya Terus Padamkan Titik Api
Aceh

Kodim 0110/Abdya Terus Padamkan Titik Api

Satu titik api sisa kebakaran areal perkebunan rakyat jalan lebar 30 Kecamatan Babah Rot, Abdya, belum berhasil dipadamkan, karena terkendala kondisi medan yang sulit dijangkau. Foto diambil Jumat (19/2). Waspada/Syafrizal

BLANGPIDIE (Waspada): Memasuki hari kelima, paska dilaporkan terbakar pada Senin malam (15/2) lalu, personil TNI jajaran Kodim 0110/Aceh Barat Daya (Abdya), dibantu personil Polres, juga Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya dan masyarakat, terus berusaha memadamkan titik api dan asap, yang membakar lahan perkebunan rakyat di areal perkebunan Desa Cot Seumantok, Kecamatan Babah Rot (kawasan jalan lebar 30).

Menurut Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Arip Subagiyo Jumat (19/2), dari sejumlah titik api dan titik asap yang muncul di areal perkebunan rakyat itu, saat ini hanya menyisakan satu titik api yang belum berhasil dipadamkan. Dimana katanya, posisi titik api dimaksud, lebih jauh dari badan jalan kawasan perkebunan, sehingga sulit dijangkau oleh petugas, dengan menggunakan selang armada damkar.

Untuk menjangkau lokasi titik api itu kata Dandim Arip, perlu dilakukan penyambungan selang air armada damkar. Informasi yang diterima pihaknya dari Kepala BPBK Abdya diketahui, alat penyambung selang sudah dipesan. Jika tidak ada halangan, alat tersebut akan sampai di Abdya pada Sabtu besok (20/2). “Jika sudah dilakukan penyambungan selang, kita akan kembali mengupayakan pemadaman titip api tersebut. Dalam proses pemadaman ini, kita juga menurunkan dua unit alat berat, serta beberapa unit mesin pompa air,” ungkap Dandim Arip.

Di lain pihak, Kepala BPBK Amiruddin mengatakan, memasuki hari kelima paska terbakar pada hari pertama Senin malam (15/2) lalu, luas areal perkebunan rakyat yang terbakar, sudah melebihi diatas 6 hektar. Masing-masing titik pertama di Desa Cot Seumantok (kawasan jalan lebar 30), eks lahan Hak Guna Usaha (HGU) PT Cemerlang Abadi, sekitar 4 hektar lebih. Sementara dititik kedua, di Desa Alue Dawah, juga Kecamatan Babah Rot, sekitar 2 hektar lebih. “Ada satu titik lagi lahan yang terbakar di kawasan Surin. tapi, kita tidak bisa ke sana, medannya sangat sulit. Jangankan dengan mobil, naik sepeda motor pun tidak bisa. Yang bisa kita lalui hanya jalan kaki. Tapi apinya tidak besar, mungkin sudah padam,” sebutnya.(b21)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2