Waspada
Waspada » Kodim 0110/Abdya Pastikan Bibit Padi Sehat
Aceh

Kodim 0110/Abdya Pastikan Bibit Padi Sehat

Personil TNI jajaran Kodim 0110/Abdya. Membantu warga tani memanen secara manual di Desa Pantee Cermin, Kecamatan Manggeng, Minggu (14/3). Waspada/Syafrizal

 

BLANGPIDIE (Waspada): Guna mendukung dan menyukseskan program ketahanan pangan nasional, jajaran Kodim 0110/Aceh Barat Daya (Abdya), memastikan bibit yang akan ditanam petani di ‘Nanggroe Breuh Sigupai’  dalam kondisi sehat dan layak tanam.

Hal itu bertujuan, agar pada musim tanam mendatang, warga tani di Abdya, tidak kewalahan dengan persoalan bibit yang kurang baik, sehingga berpengaruh pada hasil panen mendatang.

Bahkan, tidak tertutup kemungkinan, petani akan gagal tanam, hingga gagal panen, jika bibit padi dalam kondisi kurang sehat saat proses tanam.

Untuk diketahui, saat ini khususnya di daerah Abdya, meskipun musim panen belum keseluruhan selesai, namun di beberapa lokasi hamparan persawahan penduduk di wilayah itu, sudah mulai menyemai, bahkan sudah mendekati masa tanam.

Sebelum para petani melakukan Tanam padi banyak sekali yang dilakukan oleh para petani dari menyiapkan lahan untuk persemaian bibit serta lahan yang akan di tanami bibit padi.

Seperti halnya di areal persawahan penduduk Desa Babah Lhueng, Kecamatan Blangpidie.

Di kawasan ini, rata-rata areal persawahan sudah hamper rampung proses bajak sawah. Hanya menyisakan pembersihan sebelum proses tanam dilaksanakan.

Guna mendukung keberhasilan petani dalam menggarap dan menanam sawah mereka, serta dalam rangka menyukseskan program ketahanan pangan nasional, Kodim 0110/Abdya, menerjunkan personilnya, untuk mendampingi petani, dalam memilah dan memastikan bibit padi yang akan ditanam, benar-benar sehat tak berpenyakit.

Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Arip Subagiyo, melalui Kopda David Cristian, salah seorang personil Koramil 01/Blangpidie Minggu (14/3), saat melakukan pendampingan salah satu kelompok petani di Desa Babah Lhueng.

Mengecek bibit padi jenis unggulan mengatakan, pengecekan langsung terhadap bibit padi yang dilakukan pihaknya hari itu bertujuan, agar nantinya bibit yang akan ditanam hasilnya bagus, juga menghasilkan panen yang baik.

David menambahkan, pengecekan seperti ini memang harus dilakukan, sebelum bibit padi dicabut dari tempat penyemaian, seterusnya akan ditanam di hamparan sawah.

“Wajib kita cek, agar kita tahu bibit yang kita tanam bagus dan layak atau tidak,” katanya.

Sebagai pendamping warga tani lanjutnya, pihaknya juga jajaran TNI Kodim 0110/Abdya, terus melakukan berbagai upaya yang terbaik, selalu melakukan koordinasi dengan pihak penyuluh, agar nantinya para petani bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Bantu Potong Manual

Tidak hanya sekedar mendampingi warga tani dalam memilah dan memastikan bibit padi benar-benar sehat untuk ditanam, dalam menyukseskan program ketahanan pangan nasional, personil TNI jajaran Kodim 0110/Abdya, juga mendampingi dan membantu warga tani memotong padi secara manual.

Sebagaimana dilakukan personil Koramil 06/Manggeng, Sertu Anis Fuad dan Kopda Afanisman.

Dua orang personil TNI ini, membantu memanen padi milik penduduk secara manual, di kawasan Desa Pante Cermin, Kecamatan Manggeng.

Menurut Sertu Anis Fuad, pendampingan dalam melaksanakan panen padi yang dilakukan hari itu, merupakan tugas dan tanggung jawab Babinsa, dalam membantu masyarakat mewujudkan program pemerintah dalam swasembada pangan berkelanjutan.(b21)

 

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2