Waspada
Waspada » KKP dan Petugas Pelabuhan Singkil Periksa Penumpang Fery
Aceh Headlines

KKP dan Petugas Pelabuhan Singkil Periksa Penumpang Fery

Petugas gabungan memeriksa suhu tubuh dengan Thermometer Infrared, penumpang di Kapal Fery tujuan Pulau Banyak, Minggu (22/3). Waspada/Arief H
Petugas gabungan memeriksa suhu tubuh dengan Thermometer Infrared, penumpang di Kapal Fery tujuan Pulau Banyak, Minggu (22/3). Waspada/Arief H

SINGKIL (Waspada): Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Wilayah Kerja Singkil, memperketat pengawasan terhadap penumpang Kapal Fery di Pelabuhan Singkil Aceh Singkil, sebagai antisipasi masuknya penyebaran virus COVID-19.

Pengawasan dilakukan menyusul isu wabah Virus Corona yang mulai menyebar di wilayah Sumut dan Aceh. Pengawasan dilakukan dengan pemeriksaan suhu tubuh menggunakan thermometer infrared bagi seluruh penumpang yang hendak menyeberang.

Kodinator Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) wilayah Singkil Aprijal Khairan, Minggu (22/3) mengatakan, pemeriksaan dilakukan sejak, Jumat (20/3). Seluruh penumpang tujuan Pulau Banyak harus menjalani pemeriksaan suhu tubuh sebelum kapal diberangkatkan.

“Sore ini juga akan dilakukan pemeriksaan bagi penumpang dari Pulau Banyak yang memasuki daratan Singkil. Termasuk penumpang yang hendak ke Pulau Nias nanti malam,” ucap Aprijal.

Hal itu dilakukan sesuai dengan standar dan regulasi, sebagai kesiapsiagaan pihak KKP Singkil dalam pencegahan penyebaran virus COVID-19 di Aceh Singkil.

Sehingga pengawasan dengan pemeriksaan kesehatan akan terus dilakukan agar terbebas virus dan memberikan rasa aman dan nyaman di wilayah pelabuhan.

Ia juga menyebutkan salah satu pemeriksaan awal dengan pengecekan suhu tubuh adalah menggunakan alat thermal gun atau thermometer inframerah.

“Setiap penumpang harus menjalani pemeriksaan suhu tubuh. Jika suhu tubuh tinggi maka harus menjalani pemeriksaan lanjutan,” ucap Aprijal.

Dalam kegiatan pemeriksaan tersebut pihak KKP juga berkoordinasi dengan lintas sektor pelabuhan yang dibantu petugas Syahbandar dan Pos TNI AL, ASDP Cabang Singkil, UPTD Pelabuhan Dinas Perhubungan, Kantor UPP Singkil dan Kodim 0109/Singkil.

Aprijal berharap agar upaya pencegahan dalam mengantisipasi pandemic COVID-19 ini, ini dapat terus dilakukan dengan kerjasama semua pihak dan instansi terkait. Mengingat semakin meluas penyebarannya sehingga sebagai langkah pemutus mata rantai di wilayah Aceh Singkil. (cah)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2