Ketua PWI Langsa: Selubung Duka Sang James Bond

Ketua PWI Langsa: Selubung Duka Sang James Bond

- Aceh
  • Bagikan
Mantan Anggota DPRK Langsa, Syahrial Salim. Waspada/dede
Mantan Anggota DPRK Langsa, Syahrial Salim. Waspada/dede

LANGSA (Waspada): Mentari begitu gahar sinari bumi, Selasa 19 Oktober 2021. Namun, teriknya sang surya seolah redup seketika, kala kabar duka datang dari pesan berantai di WhatsApp Group (WAG).

“Innalillahi Wainnailaihi Raji’un. Telah berpulang kerahmatullah, Bapak Syahrial Salim (Mantan Anggota DPRK Langsa) barusan. Jenazah disemayamkan di rumah duka, Gampong Alue Dua,” ungkap Ketua PWI Kota Langsa, Putra Zulfirman, Selasa (19/10).

Putra mengaku mendapat kabar duka dari seorang teman yang memposting kabar di WAG PWI Kota Langsa.

Menurutnya, Syahrial Salim adalah kader PDIP. Tiga periode pria yang kerap disapa ‘James Bond’ oleh koleganya ini, menjadi wakil rakyat di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Kota Langsa, sejak 2004 hingga 2019.

Pada Pemilu legislatif 2019, Syahrial didapuk maju sebagai Calon Anggota DPR Aceh daerah pemilihan Aceh VII, meliputi Kota Langsa dan Aceh Tamiang dari PDIP.

Perolehan suaranya terbilang signifikan. Akan tetapi akumulasi raihan suara partai masih terpaut dari tujuh partai lain yang berhasil mendapatkan jatah tujuh kursi di daerah pemilihan tersebut.

Syahrial pupus. Ia pensiun menjadi wakil rakyat, profesi yang digelutinya sejak 15 tahun silam. Meski tidak menjadi anggota parlemen, almarhum tetap vokal. Trik dan intrik langkah politiknya selalu menghebohkan jagad perpolitikan Kota Langsa.

Syahrial Salim sosok bersahaja. Perawakannya hitam, berkumis tebal dengan suara parau khasnya. Dibalik itu, dia miliki kelembutan hati, setia kawan dan kerap mendukung sejawatnya yang ingin meraih sukses dibelbagai lini pengabdian.

Pergaulannya yang luas, supel dan selalu optimis. Menjadikan Syahrial Salim seorang politisi ulung. Pada periode 2009-2014, Syahrial hanya seorang sendiri terpilih sebagai legislator DPRK Langsa dari PDIP.

Akan tetapi, walau seorang diri. Syahrial piawai berlakon. Ia mampu mewarnai setiap keputusan politik yang dihasilkan lembaga parlemen tersebut.

Kini, Syahrial telah pergi selamanya. Menghadap Sang Khaliq. Meninggalkan dunia, menuju kehidupan akhirat, tepat ketika umat Muslim dunia sedang memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Selamat jalan abang, senior, teman dan mentor. Kiranya Allah SWT, menerima amal ibadahmu dan mengampunkan segala dosa serta khilaf. Husnul Khatimah. (b13)


  • Bagikan