Ketua KIP Abdya Dilaporkan Ke DKPP - Waspada

Ketua KIP Abdya Dilaporkan Ke DKPP

- Aceh
  • Bagikan

BLANGPIDIE (Waspada): Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP)< Aceh Barat Daya (Abdya), Sanusi, resmi dilaporkan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP) Republik Indonesia, di Jakarta, atas dugaan pelanggaran kode etik, dalam kasus perjudian yang menjerat Ketua KIP tersebut.

Laporan atas dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan Ketua KIP Abdya itu, dilakukan oleh Ketua Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Perwakilan Abdya, Suhaimi SH, pada Jum’at (24/9) lalu, tertuang dalam surat dengan tanda terima No. 01-24/SET-02/IX/2021.

Kepada Waspada Sabtu (25/9), melalui saluran ponselnya, Suhaimi mengaku, laporan yang dilayangkan pihaknya atas nama YARA Perwakilan Abdya, sudah diterima oleh salah satu petugas DKPP.

Suhaimi mengatakan, kebijakan yang ditempuh YARA Perwakilan Abdya untuk melaporkan Ketua KIP Abdya ke DKPP itu, berhubung status yang bersangkutan (Ketua KIP Sanusi), telah ditetapkan sebagai tersangka, oleh penyidik Satreskrim Polres Abdya, dalam kasus judi kartu remi atau joker.

Dimana, Sanusi (Ketua KIP Abdya), bersama sejumlah rekannya, diamankan Sat Reskrim Polres Abdya, saat tengah asik mengadu untung (judi), melalui permainan kartu remi atau joker, di kawasan areal kebun sawit, Desa Alue Pisang, Kecamatan Kuala Batee, pada Kamis sore (9/9) lalu, sekira pukul 17.30 WIB jelang magrib.

Perbuatan Sanusi bersama sejumlah rekannya, yang semuanya sudah ditetapkan sebagai tersangka kasus maisir, melanggar pasal 19 qanun Aceh nomor 6 tahun 2014 tentang hukum Jinayah.

Untuk itu, atas nama YARA Perwakilan Abdya, pihaknya langsung melyangkan laporan kepada DKPP RI, dengan harapan agar DKPP segera memproses Ketua KIP Abdya itu. Selain telah mencoreng nama baik lembaga, pihaknya juga memastikan, Ketua KIP Abdya itu, sudah memenuhi unsur melakukan pelanggaran kode etik.

Disamping itu tambah Suhaimi, Komisioner KIP Abdya tersebut, juga sudah melanggar peraturan DKPP nomor 2 tahun 2017, sebagaimana dimaksud dalam pasal 15 huruf a dan d, pasal 19 huruf a. “Kita minta DKPP RI, segera memproses yang bersangkutan sesuai aturan yang berlaku,” demikian Suhaimi.(b21)

Waspada/Ist
Ketua YARA Perwakilan Abdya Suhaimi SH, saat membuat laporan Ketua KIP Abdya, ke DKPP RI di Jakarta, Jum’at (24/9) lalu.

  • Bagikan