Waspada
Waspada » Kerukunan Umat Beragama Di Atim Terjalin Baik
Aceh

Kerukunan Umat Beragama Di Atim Terjalin Baik

Ketua FKUB Aceh Timur Tgk. H. Hasanuddin, membuka diskusi saat berlangsung Diseminasi Penguatan Moderasi Beragama di Aula Kantor Kemenag Aceh Timur di Idi, Senin (19/4). Waspada/M. Ishak

 

IDI (Waspada): Kerukunan umat beragama di Kabupaten Aceh Timur (Atim), dinilai masih terjalin dengan baik.

Tidak ada persoalan yang mengakar dan menimbulkan gejolak, kecuali hanya riak-riak kecil sesama umat Islam terkait miskomunikasi dalam memahami aliran.

Demikian dikatakan Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Aceh Timur, Tgk. H. Hasanuddin SE, ketika membuka Diseminasi Penguatan Moderasi Beragama Bagi Forkopimda, Kepala Dinas Pengurus FKUB, Tokoh Ulama dan Tokoh Masyarakat, Ormas dan PNS Se-Kabupaten Aceh Timur di Aula Kankemenag Aceh Timur, Senin (19/4).a

Menurut mantan Wakil Ketua DPRK Aceh Timur itu, pihaknya kerap duduk bersilaturahmi dengan tokoh masyarakat, pemerintah dan pihak kankemenag.

Rukun dan damainya antar umat beragama tersebut perlu dilestarikan dan dijaga secara bersama-sama, sehingga peran media sangat dibutuhkan dalam membawa kesejukan dan kedamaian di tengah-tengah umat.

“Aceh memiliki kearifan lokal yang harus dihargai dan kedepankan yakni musyawarah. Jika terjadi perselisihan, maka kedepankan musyawarah, insya Allah akan selesai semua persoalan yang muncul,” kata H. Hasanuddin, seraya mengatakan, agama membawa kebaikan dan kedamaian.

Kepala Kantor Kementerian Agama Aceh Timur H. Salman, M.Ag, dalam sambutannya menambahkan, masyarakat harus tetap menghargai penganut agama lain dan setiap umat harus moderasi dalam beragama.

“Kita selalu berkoordinasi dengan pemerintah, FKUB dan tokoh agama serta melakukan diskusi-diskusi kecil dalam menghargai umat beragama tetap harmonis khususnya di Aceh Timur,” demikian H. Salman.

Hadir dalam antara lain Kasi Intel Kejari Aceh Timur Andi Zulanda SH, Kepala Dinas Syariat Islam Aceh Timur Syawaluddin MH, Kasat Binmas Polres Aceh Timur AKP Muhammad Yusuf, perwakilan Badan Kesbangpol Aceh Timur, Ormas, Tokoh Masyarakat dan MPU, jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Timur, dan tamu undangan lainnya. (b11/C)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2