Waspada
Waspada » Kepala BMKG Prediksi Angin Kencang Akan Reda 25 Februari
Aceh

Kepala BMKG Prediksi Angin Kencang Akan Reda 25 Februari

Kepala BMKG Sabang, Siswanto. Waspada/T Zakaria Al Bahri
Kepala BMKG Sabang, Siswanto. Waspada/T Zakaria Al Bahri

SABANG (Waspada): Kepala BMKG ( Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ) Stasiun Meteorologi Cot Ba’u Maimun Saleh Sabang mengeluarkan rilis terkait kondisi cuaca wilayah Sabang dan sekitarnya tanggal 21-25 Februari 2020.

Kepala BMKG Kota Sabang Siswanto, saat ditemui di Stasiun Meteorologi Cot Ba’u Maimun Saleh Sabang mengatakan, berdasarkan data Dinamika Atmosfer di wilayah Sabang dan sekitarnya masih berpotensi angin kencang dengan kecepatan maksimum lebih dari 60 km/jam, Minggu 23 Februari 2020.

Angin berpotensi tinggi terjadi 22 – 23 Februari 2020 diikuti oleh cuaca cerah berawan hingga berawan, kondisi angin kencang ini diperkirakan berakhir pada 25 Februari 2020.

Akibat dari meningkatnya kecepatan angin maka terjadinya kenaikan tinggi gelombang yang cukup signifikan, untuk wilayah perairan Sabang dan sekitarnya gelombang laut dapat mencapai lebih dari 3 meter sementara di perairan utara Sabang gelombang dapat mencapai lebih dari 3,5 meter.

Dengan kondisi cuaca di atas dihimbau kepada seluruh masyarakat, kapal nelayan, pengelola wisata air, dan kapal kapal yang melintas atau yang melakukan aktivitas pelayaran di perairan tersebut agar tetap waspada dan siaga.

“ Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat yang berada di Kota Sabang agar perhatikan konstruksi atap seng, baliho dan beberapa dahan atau ranting pohon yang berpotensi menyebabkan kecelakaan,” kata Siswanto.
Kepada nelayan tradisional hendaknya jangan memaksakan diri untuk menangkap ikan di laut sampai cuaca membaik, dan tetap memperhatikan update informasi cuaca dan ketinggian gelombang signifikan dari BMKG.(B31)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2