Waspada
Waspada » Kemensos Batalkan Santuni Ahli Waris Pasien Wafat Akibat Covid
Aceh

Kemensos Batalkan Santuni Ahli Waris Pasien Wafat Akibat Covid

Surat dari Kementerian Sosial RI yang menyatakan tidak tersedia alokasi anggaran pada tahun 2021 untuk ahli waris warga korban meninggal dunia akibat Covid-19. Waspada/Muhammad Hanafiah

 

KUALASIMPANG (Waspada): Kementerian Sosial Republik Indonesia membatalkan bantuan uang santunan untuk ahli waris korban meninggal dunia akibat terpapar Covid-19.

Kadis Sosial Kabupaten Aceh Tamiang, Muhammad Alijon ketika dikonfirmasi Waspada di ruang kerjanya, Rabu (24/2) membenarkan pihak Kementerian Sosial yang telah membatalkan bantuan santunan uang untuk ahli waris warga yang meninggal dunia karena terpapar Covid-19.

Alijon menjelaskan, Dinas Sosial Kabupaten Aceh Tamiang beberapa waktu yang lalu memang ada menerima surat edaran dari Kementerian Sosial Nomor 437/3.2/BS.01.02/06/2020 tentang Penanganan Perlindungan Sosial Bagi Korban Meninggal Dunia Akibat Virus Corona (Covid-19).

Pada surat tersebut dinyatakan ahli waris bagi setiap warga yang meninggal dunia akan diberikan uang santunan senilai Rp15 juta.

“Kami sudah melakukan pendataan dan mempersiapkan dokumen administrasi dan mengusulkan sebanyak sembilan orang yang meninggal dunia agar ahli warisnya mendapat bantuan Rp15 juta untuk setiap warga yang meninggal dunia karena Covid-19 di Aceh Tamiang dan usulan tersebut sudah kami kirim ke Dinas Sosial Provinsi Aceh beberapa waktu yang lalu,” papar Alijon.

Namun, ungkap Alijon, pada Senin 22 Februari 2021 pihaknya menerima surat dari Kementerian Sosial Nomor :150/3.2/BS.01.02/02/2021 ,Hal: Rekomendasi dan Usulan Santunan Ahli Waris Korban Meninggal Dunia Akibat Covid-19.

Pada surat tersebut dinyatakan pada tahun anggaran 2021 tidak tersedia alokasi anggaran santunan korban meninggal dunia akibat Covid-19 dan usulan yang sudah pernah diusulkan kabupaten/kota dan provinsi tidak dapat ditindaklanjuti atau dibatalkan.

“Bukan kami yang membatalkan, tetapi pihak Kementerian Sosial yang membatalkan bantuan uang santunan untuk korban meninggal dunia akibat Covid-19,” tegas Alijon.

Karena itu, tegas Alijon, Dinas Sosial Kabupaten Aceh Tamiang sudah mengirim surat pemberitahuan kepada Camat di Aceh Tamiang tentang pembatalan pemberian bantuan santunan kepada ahli waris warga yang meninggal dunia akibat Covid-19 di Aceh Tamiang.(b14)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2