Waspada
Waspada » Kembangkan Cluster Udang Nasional, Aceh Timur Siapkan 10 Ribu Hektar Tambak
Aceh Ekonomi

Kembangkan Cluster Udang Nasional, Aceh Timur Siapkan 10 Ribu Hektar Tambak

Bupati Rocky (kanan) membahas soal pengembangan udang vaname sebagai program nasional dengan instansi terkait di Aula Dekranasda Aceh Timur di Idi, Senin (18/1). Kembangkan Cluster Udang Nasional, Aceh Timur Siapkan 10 Hektar Tambak. Waspada/M. Ishak
Bupati Rocky (kanan) membahas soal pengembangan udang vaname sebagai program nasional dengan instansi terkait di Aula Dekranasda Aceh Timur di Idi, Senin (18/1). Kembangkan Cluster Udang Nasional, Aceh Timur Siapkan 10 Hektar Tambak. Waspada/M. Ishak

IDI (Waspada): Menyahuti cluster udang nasional, Pemerintah Kabupaten Aceh Timur akan menyiapkan 10 ribu hektar lahan tambak di 14 kecamatan pesisir yang akan dijadikan budidaya udang vaname sekaligus contoh dan model secara nasional.

“Kita akan siapkan 10 ribu hektar tambak di 14 kecamatan pesisir. Ini untuk meningkatkan kesejahteraan petani tambak melalui budidaya udang vaname,” kata Bupati Aceh Timur, H. Hasballah HM. Thaib atau Rocky, saat membuka Rapat Percepatan Pembangunan Shrimp Estate Bersama OPD di Aula Dekranasda Aceh Timur di Idi, Senin (18/1).

Hadir antara lain Asisten II Setdakab Aceh Timur, Aiyub, SKM, M.Kes, Kepala Dinas Perikanan, T Syawaluddin, Kepala Bappeda Kahar Fajri, Kepala Dinas Pertanahan HB. Bandi Harfirdaus, Kepala Dinas PUPR Muslim. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu, M. Fauzul, dan sejumlah pejabat lainnya.

Menyiapkan lahan 10 ribu hektar dikarenakan daerah yang dipimpinnya akan menjadi daerah model dan percontohan secara nasional untuk budidaya udang vaname secara Nasional. “Masyarakat harus bangga, karena daerah kita akan menjadi daerah percontohan secara nasional dan nantinya akan mengaktifikan tambak yang selama ini krang produktif,” kata kata Rocky.

Sebagai daerah model percontohan secara nasional, lanjut Rocky, pihaknya tentu akan fokus budidaya udang vaname secara cluster. “Dengan dijadikan daerah contoh, nantinya kita harapan akan disusul dengan pengembangan lainnya yang terkait dengan hasil budidaya udang vaname,” kata Rocky.

Kepala Dinas Perikanan Aceh Timur, T. Syawaluddin, dalam kesempatan itu mengatakan, pengembangan udang vaname melalui program nasional tersebut tentu akan menyerap tenaga kerja, khususnya putra-putra daerah.

“Oleh karenanya, kita akan segera membentuk tim tugas agar program ini segera terlaksana dengan cepat dan tepat di Aceh Timur,” sebut T. Syawaluddin seraya menandaskan, pihaknya segera berkoordinasi dengan seluruh camat dalam 14 kecamatan pesisir yang akan menjadi lokasi pengembangan udang vaname. (b11)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2