Kejar Impian Beasiswa Ke Rumania, Ilham Catur Rela Jual Sepedamotor

Kejar Impian Beasiswa Ke Rumania, Ilham Catur Rela Jual Sepedamotor

  • Bagikan
Ilham Catur Fhata SE, salah seorang mahasiswa Langsa dan satu-satunya mahasiswa Aceh yang berhasil mendapatkan bea siswa S2 ke Ovidius University of Constanta, Rumania. Waspada/Rapian
Ilham Catur Fhata SE, salah seorang mahasiswa Langsa dan satu-satunya mahasiswa Aceh yang berhasil mendapatkan bea siswa S2 ke Ovidius University of Constanta, Rumania. Waspada/Rapian

Terlahir dari keluarga kurang mampu, membuat kehidupannya mengalami kesulitan dalam sektor ekonomi. Akan tetapi tidak menurunkan semangatnya dalam menempuh pendidikan sampai kejenjang Megister (S2) ke luar negeri.

Impiannya untuk menjadi mahasiswa di Ovidius University of Constanta, Rumania bukanlah terbilang mudah, berbagai aral rintangan acap kali dihadapi Ilham Catur Fhata SE, warga Gampong Sungai Pauh, Kec. Langsa Barat, Kota Langsa.

Bahkan, mirisnya lagi untuk bisa menuju negara Uni-Eropa itu dirinya terpaksa harus rela menjual sepedamotor kesayangannya demi menggapai impian melanjutkan pendidikannya.

Ilham Catur, anak yatim dari pasangan almarhum Alimuddin dan ibunya Murni hanya seorang Ibu Rumah Tangga biasa.

Ilham Catur Fhata putra kelahiran asli Langsa pada 24 Agustus 1997 sejak duduki bangku sekolah Dasar sudah ditinggal ayahnya memulai pendidikan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 11 Kota Langsa dan menerima bantuan pemerintah khusus untuk anak yatim sampai Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Kota Langsa.

Di sekolah SDN 11 Langsa dirinya lulus dengan nilai UN, Bahasa Indonesia 7,80, Matematika 6,25, Ilmu Pengetahuan Alam: 8,25, pada 22 Juni 2009 silam.

Lalu pada jenjang SMPN 3 Langsa lulus dengan nilai UN, Bahasa Indonesia 7,80 Bahasa Inggris 8,20, Matematika 10,00, juga selesai pada 02 Juni 2012.

Selanjutnya pada tingkat SMA Negeri Unggul Aceh Timur, Ilham juga dapat menyelesaikan dengan Ilmu Pengetahuan Alam lulus dengan nilai UN, Bahasa Indonesia 79,6, Bahasa Inggris 71,4, Matematika 67,5, Fisika 60,0, Kimia 77,5, dan Biologi 67,5 juga selesai pada 15 Mei 2015 yang lalu.

Meskipun terlahir dalam sebuah keluarga yang serba kekurangan, Ilham selalu optimis dalam menapaki jenjang pendidikannya.

Perjuangannya dalam meraih beasiswa luar begeri juga terbilang sulit dikarenakan harus bisa berbahasa asing, sulitnya akses informasi dan juga harus memiliki prestasi yang baik.

“Insya Allah dengan saya melanjutkan pendidikan ke luar negeri dengan beasiswa Pemerintah Rumania akan menjadi mediator dan pembuka jalan bagi teman-teman yang ingin melanjutkan jenjang studi ke luar negeri khususnya negara yang beranggotakan Uni-Eropa mulai dari gelar Sarjana (S1), Magister (S2) dan Doktoral (S3),” kata Ilham kepada wartawan, Kamis (25/8).

Ilham bercerita, dalam mengikuti beasiswa ke Rumania ini banyak kompetitor ikut dan hanya diterima 6 orang, untuk S1 sebanyak 5 orang, S2 sebanyak 1 orang dan S3 di seluruh Indonesia. “Alhamdulilah saya satu-satunya mahasiswa Aceh yang menerima beasiswa S2 tersebut,” ucapnya sembari tersenyum.

Melihat sisi balik sosok Ilham, boleh diacungi jempol dengan segudang prestasi. Di mulai sejak di bangku SMAN Unggul, Ilham aktif dalam berbagai kompetisi, dan menorehkan prestasi semisal juara 1 desain poster, juara 1 karnaval, dan juara 1 musik akustik se-Kabupaten Aceh Timur.

Selain itu, dirinya juga bertanggung jawab dalam pemberdayaan siswa untuk pelestarian musik tradisional Aceh berupa rapa’i musik dan Seurune Kalee, dan Ketua Bidang Kesenian Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS).

Pada jenjang kuliah di UNSAM pada Fakultas Ekonomi, dengan Prodi Ekonomi Pembangunan mendapat nilai IPK 3.15/4.0 dan lulus pada 15 Juni 2020 silam.

Adapun konsentrasinya Ekonomi Publik dan saat Kuliah Kerja Nyata (KKN) periode II 2019 yang diselenggarakan pada tanggal 4 Juli s/d 5 Agustus 2019 di Desa Rembune, Kecamatan Timang Gajah, Kabupaten Bener Meriah, dengan predikat A (Sangat Baik).

Ilham merupakan anak keempat dari lima bersaudara, yakni Mellyka, Dwi Nur Aina, Muddhar Try Fhata dan adiknya Nabila Nur Panca.

Selama kuliah di Universitas Samudra Langsa, dirinya terlibat aktif dalam kegiatan akademik maupun non-akademik. Secara akademik suka berinteraksi dan berdiskusi di dalam kelas maupun di luar kelas.

Lantas, membuat dirinya terpilih sebagai Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi (BEM-FE) dan Ketua Bidang Pariwisata dan Industri Kreatif Himpunan Pengusaha Muda Indonesia – Perguruan Tinggi (HIPMI PT) Kota Langsa. Yang mana organisasi juga merupakan salah satu indikator penting untuk melanjutkan studi ke luar negeri.

Selain itu, Ilham juga menjalankan berbagai macam program dalam sektor ekonomi seperti halnya Saweu Ekonomi Universitas Samudra season 3 pada tahun 2019 yang berisikan ekonomi kreatif Mahasiswa Fakultas Ekonimi dan Generasi Z dalam pemberdayaan UMKM yang di pelopori HIPMI PT Kota Langsa.

Tak sampai disitu saja, Ilham menasbihkan diri sebagai Dewan Pembina Organisasi dan Mentor Seni Lukis Fakultas Ekonomi, 2019 – 2021.

Semasa di bangku kuliah dirinya selaku demisioner bertanggung jawab dan membina estafet kepemimpinan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Samudra dalam hal birokrasi, membangung relasi, dan mengembangkan program kerja.

Saya juga pernah mengikuti Kompetisi Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) – 7 dan Pekan Seni Mahasiswa tingkat Universitas maupun daerah Aceh, yang dimana pada Kompetisi PKA saya berhasil menjadi Juara Harapan I dan Pekan Seni Mahasiswa tingkat Universitas Saya berhasil menjadi Juara I.

“Dengan adanya pengalaman tersebut pihak universitas mempercayai saya sebagai mentor pada ajang Pekan Seni Mahasiswa Nasional 2020 untuk membimbing mahasiswi yang mengikuti kompetisi tersebut,” sebutnya.

Langkah Ilham terus melecit dalam hal kepemimpinan Universitas Samudra sebagai Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi (BEM – FE) 4 Maret 2019 – 2020,

“Memimpin dan bertanggungjawab kepada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Samudra yang dipimpin juga oleh Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan dan Unit Kegiatan Mahasiswa dengan jumlah total 3 Himpunan dan 2 UKM. Kemudian juga saya selaku pimpinan eksekutif tertinggi di fakultas ekonomi juga diawasi dan didukung oleh lembaga legeslatif yaitu DPM FE (Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Ekonomi),” paparnya.

Lantas, program Ekonomi Fair selaku Pimpinan tertinggi Organisasi Mahasiswa Fakultas Ekonomi saya bertanggung jawab penuh dalam kegiatan tersebut, dimana program tersebut berisikan Usaha Kecil Menengah, Debat Ekonomi, dan beberapa cabang Kompetisi yang berkaitan dengan Ekonomi.

Kiprah Ilham juga mewarnai Himpunan Pengusaha Muda Indonesia – Perguruan Tinggi (HIPMI – PT) Kota Langsa
Ketua Bidang Pariwisata dan Industri Kreatif 7 Agustus 2019 hingga sekarang.

Mengembangkan program Usaha Kecil dan Menengah untuk Kalangan Mahasiswa dan Pemuda/i Kota Langsa dalam Program “Generasi Z Korperasi” di gedung KNPI Kota Langsa pada tahun 2020. Ketua Panitia pelaksanaan kegiatan Fokus Diskusi Grup dalam hal legalitas ganja untuk pertumbuhan Ekonomi di Aceh.

Semoga saja Ilham Catur akan mencapai impiannya melanjutkan S2 nya di negara Rumania, kini dia butuh uluran tangan para dermawan untuk sebuah asa untuk mencari ilmu di luar negeri…semoga. WASPADA/Rapian


  • Bagikan