Karang Taruna Binaan PT PIM Panen Lele Dumbo

Karang Taruna Binaan PT PIM Panen Lele Dumbo

  • Bagikan
Kegiatan panen perdana lele Dumbo Karang Taruna binaan PT PIM di Desa Tambon Baroeh, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara. Waspada/Ist
Kegiatan panen perdana lele Dumbo Karang Taruna binaan PT PIM di Desa Tambon Baroeh, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara. Waspada/Ist

ACEH UTARA (Waspada): Pemuda Karang Taruna dari Gampong Tambon Baroeh, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara panen 239 Kg lele Dumbo dengan nilai mencapai Rp4 juta. Budidaya lele Dumbo tersebut hasil binaan PT Pupuk Iskandar Muda (PIM).

“Alhamdulillah untuk panen perdana ini merupakan sesuatu yang luar biasa. Mereka berhasil panen 239 Kg. Kita merasa puas dengan kinerja anak-anak muda dari Tambon Baroeh,” kata Plt Asisten Vice Presiden PKBL dan Humas Bidang TJSL, Jufri.

Panen perdana tersebut juga merupakan tahap evaluasi pelaksanaan program Youth Enterpreneurship bidang budidaya ikan kolam.

“Evaluasi yang kita lakukan adalah sejauh mana efektivitas program yang dijalankan serta melakukan panen perdana untuk penyortiran hasil perdana. Benih lele yang dipanen kemarin itu ditabur pada 23 Juli lalu,” katanya.

Jufri bersama Ketua Karang Taruna Guroe Sakti Tambon Baroh, Edi Swandi beserta anggota melihat langsung proses kegiatan sortir dan panen perdana ikan lele Dumbo tersebut. Penyortiran ini bertujuan agar ikan yang berukuran besar tidak memakan ikan yang berukuran kecil sehingga dapat meningkatkan hasil produktivitas panen ke depan.

“Hasil panen 239 Kg lele kita jual kepada penampung ikan kolam UD. Karya Tani Lhokseumawe,” sebutnya.

Program Youth Enterpreneurship tahap pertama ini dapat dikategorikan sukses dengan indikator tingginya hasil panen perdana dengan nilai jual Rp4 juta.

“Panen secara keseluruhan akan dilakukan pada akhir Oktober mendatang. Kita merasa sangat puas dengan hasil sortiran tahap pertama mencapai 239 Kg,” kata Jufri.

Ketua Karang Taruna Guroe Sakti, Edi Swandi, memberikan apresiasi terhadap usaha TJSL PT PIM yang bersedia mendampingi para pemuda yang mau melakukan usaha.

“Saya sangat berterimakasih kepada PT PIM atas usaha memberdayakan kami anak-anak muda lingkungan perusahaan, program ini sangat bagus dan patut dikembangkan dan dilakukan secara berkelanjutan seperti harapan kita semua. Kami sangat bersyukur tim TJSL PT PIM kali ini tanggap terhadap kebutuhan masyarakat sekitar terutama anak-anak muda yang rentan berprilaku tidak baik apabila tidak ada kegiatan positif yang bisa dilakukan untuk menambah penghasilan sehari-hari,” sebutnya

Swandi menambahkan, ada 9 orang anak muda yang tergabung dalam kelompok ini.

“Sekali lagi terimakasih banyak kepada TJSL PT PIM yang telah banyak membantu warga sekitar perusahaan, sehingga hubungan baik antar pihak bisa kita jaga dengan baik,” ucapnya. (b08)

  • Bagikan