Waspada
Waspada » Kapolda Aceh Ajak Perguruan Tinggi Berpartisipasi Mencegah Radikalisme
Aceh

Kapolda Aceh Ajak Perguruan Tinggi Berpartisipasi Mencegah Radikalisme

Kapolda Aceh Irjen Pol Drs Wahyu Widada M. Phil, menerima kunjungan silaturrahmi dari Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Ar-Raniry Banda Aceh Dr Saifullah M. Ag, didampingi Ketua Lembaga Kajian dan Bantuan Hukum (LKHB) Tendikindo Dr(c) Amsori SH MH MM, di ruang kerja Kapolda Aceh , Rabu (19/2). Waspada/Ist
Kapolda Aceh Irjen Pol Drs Wahyu Widada M. Phil, menerima kunjungan silaturrahmi dari Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Ar-Raniry Banda Aceh Dr Saifullah M. Ag, didampingi Ketua Lembaga Kajian dan Bantuan Hukum (LKHB) Tendikindo Dr(c) Amsori SH MH MM, di ruang kerja Kapolda Aceh , Rabu (19/2). Waspada/Ist

BLANGPIDIE (Waspada) : Kapolda Aceh Irjen Pol Drs Wahyu Widada M. Phil, Rabu (19/2) mengajak kalangan perguruan tinggi yang ada di Aceh, untuk berpartisipasi dalam mencegah radikalisme.

Dalam rilis diterima Waspada Kamis (20/2) disebutkan, ajakan Kapolda Aceh itu disampaikannya, saat menerima kunjungan silaturrahmi dari Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan.

Kerjasama UIN Ar-Raniry Banda Aceh Dr Saifullah M. Ag, didampingi Ketua Lembaga Kajian dan Bantuan Hukum (LKHB) Tendikindo Dr(c) Amsori SH MH MM, di ruang kerja Kapolda Aceh.

Dalam kesempatan itu, Kapolda Aceh Wahyu Widada juga mengajak semua komponen perguruan tinggi, serta masyarakat dan anak bangsa, agar ikut mewaspadai segala macam upaya untuk menciptakan ketidak tenangan,.

di tengah-tengah masyarakat, seperti kriminalisasi, termasuk berbagai fitnah dan ujaran kebencian. Apalagi untuk mereduksi ajaran agama, yang dianggap sebagai sumber kekerasan, padahal jauh dari bukti ilmiah.

Kapolda Aceh juga berharap, mahasiswa sebagai agen perubahan, memiliki peran penting dalam mencegah radikalisme. Yang tidak kurang kalah penting adalah, revitalisasi organisasi kemahasiswaan intra maupun ekstra kampus, yang harus selalu mengacu pada statuta perguruan tingg

Karena katanya, organisasi kemahasiswaan di kampus memegang peranan penting, untuk mencegah berkembangnya paham radikalisme melalui pemahaman keagamaan dan kebangsaan. yang komprehensif dan kaya makna.

“Saya berharap kepada perguruan tinggi agama, terkhusus UIN Ar-Raniry, serta mengajak seluruh masyarakat Aceh, agar dapat memiliki kesepahaman bersama dan langkah strategis ke depan, dalam pencegahan gerakan radikalisme,” harap Kapolda Wahyu.

Dilain pihak, Dr Saifullah M. Ag mengatakan, perguruan tinggi atau lingkungan kampus, bagaikan kawah candradimuka bagi civitas akademika yang menghuninya.

Sebagai tempat berlangsungnya proses pendidikan, kampus adalah lingkungan belajar yang sangat strategis, bagi mereka terlebih bagi kelompok mahasiswa yang menggantungkan harapan, impian dan cita-cita serta masa depannya.

Di kampus ternyata banyak tantangan, bahkan masalah yang dihadapi, dari situasi politik nasional, ekonomi, budaya, sosial, agama hingga problematik individu. Salah satu problem terkini yang menjadi ancaman serius kelompok mahasiswa adalah, bahaya laten radikalisme atau terorisme.

Pencegahan paham radikalisme berbasis agama itu, harus dimulai dari pembentukan pola pikir yang bisa diawali melalui dunia pendidikan Islam, khususnya perguruan tinggi Islam, di bawah Kementerian Agama.

“Kenapa demikan, karena pencegahan paham radikalisme paling tepat adalah, melalui pola kerjasama Polisi dengan perguruan tinggi Islam. UIN Ar-Raniry sangat terbuka untuk hal itu,” ungkapnya.

Direktur LKBH Tendikindo, Amsori SH MH MM, dalam kesempatan itu juga berharap, penegakan hukum di Aceh akan lebih baik dan transparan, di bawah komando Kapolda Aceh Irjen Pol Drs Wahyu Widada M. Phil.

“Besar harapan, dengan kepemimpinan Pak Wahyu, dapat membawa kemaslahatan yang baru dan memberikan kebaikan bagi seluruh masyarakat Aceh.

Selain itu Kapolda Aceh yang baru ini, dapat membuka ruang partsipasi publik berupa dialog dengan masyarakat, khususnya transparansi dalam penanganan kasus, terkait dengan perlindungan guru di Aceh,” harapnya.(cza)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2