Kantah Aceh Singkil Serahkan 40 Sertifikat Tanah - Waspada

Kantah Aceh Singkil Serahkan 40 Sertifikat Tanah

- Aceh
  • Bagikan

SINGKIL (Waspada): Kepala Kantor Pertanahan (Kantah) Aceh Singkil menyerahkan sebanyak 18 Sertifikat, secara simbolis pada serangkaian peringatan Hari Agraria Tata Ruang (Hantaru) ke-61.


Serangkaian peringatan Hantaru, Kantor Pertanahan Kabupaten Aceh Singkil menyerahkan simbolis sebanyak 18 sertifikat hak pakai, dan hak wakaf kepada Pemkab Aceh Singkil.

                                             

Sementara akumulasi sertifikat yang sudah diserahkan, sebanyak 29 sertifikat hak pakai aset Pemkab Aceh Singkil, 6 sertifikat hak wakaf dan 5 sertifikat hak milik warga masyarakat, kata Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Aceh Singkil Muhammad Reza saat dikonfirmasi Waspada.id usai penyerahan sertifikat serta Piagam Penghargaan kepada pegawai kantor pertanahan, sebagai reward atas kedisiplinan selama mereka bekerja, Jumat (24/9).

Tepat hari ini 24 September 2021 merupakan hari lahirnya Undang-Undang Pokok Agraria Nomor.5 tahun 1960, yang ke-61 tahun. Dan ini menjadi hari sakral Kantor Pertanahan, sebutnya.

Dijelaskannya, ada sebanyak 140 permohonan untuk pengurusan sertifikat aset Pemda yang disampaikan ke Dinas Pertanahan dan sedang inventarisasi faktual di Dinas Pertanahan.

Namun belum seluruhnya syarat dilengkapi dan belum masuk terdaftar di Kantor Pertanahan. “Dari jumlah 140 yang disampaikan 29 sudah masuk daftar dan semua sudah kita proses dan sudah kita serahkan sertifikatnya,” ucap Reza.

Semua permohonan Pemkab Aceh Singkil yang telah lengkap permohonan yuridis dan alas hak telah disertifikatkan seluruhnya, tambahnya.

Setelah dilantik berdasarkan SK Menteri Agraria pada 6 Agustus 2021 lalu, Reza memastikan untuk pelayanan pertanahan tidak akan pernah terjadi pelayanan yang tertunda atau molor hanya karena alasan tidak adanya kepala kantor di tempat.

“Sudah saya sampaikan juga kepada seluruh pegawai saya di Singkil dan Subulussalam, agar jangan ada lagi lambat sertifikat, lambat pelayanan dan terlambat pengurusan sertifikat, hanya karena alasan tidak ada kepala kantor. Saat ini saya tetap dikantor Kantah Singkil maupun Subulussalam pada hari kerja untuk pelayanan masyarakat,” bebernya.

Sebelumnya, Bupati Aceh Singkil Dulmusrid membacakan sambutan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan, pada peringatan Hantaru menyampaikan, tema dalam peringatan Hantaru 2021, “Percepatan Pemulihan Ekonomi melalui Pelayanan Tata Ruang dan Pertanahan yang Profesional”.

Disebutkan, sejalan dengan semangat percepatan pemulihan ekonomi sosial, hari ini akan diluncurkan Sistem Pendaftaran Online Aplikasi Loketku dan aplikasi permohonan infomasi online.

Dengan adanya layanan elektronik ini maka ke depan masyarakat lebih yakin dengan kelengkapan berkasnya sebelum datang kekantor pertanahan. Dengan demikian bisa meningkatkan efisiensi waktu, biaya dan transparasi pelayanan.

Di samping itu saat ini ATR dan BPN bekerjasama dengan Kepolisian RI untuk memerangi dan memberantas mafia tanah yang meresahkan masyarakat sampai ke akar-akarnya, sebut Dulmusrid. (B25)

  • Bagikan