Waspada
Waspada » Kampung Balai Salurkan BLT Dana Desa
Aceh

Kampung Balai Salurkan BLT Dana Desa

Datok Kampung Balai, M. Nuh ketika menyerahkan BLT DD tahap II – III bagi warganya, Selasa (23/6). Waspada/Yusri
Datok Kampung Balai, M. Nuh ketika menyerahkan BLT DD tahap II – III bagi warganya, Selasa (23/6). Waspada/Yusri

KUALASIMPANG (Waspada): Kampung Balai, Kecamatan Bendahara, Kabupaten Aceh Tamiang menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahap II dan III (Mei – Juni) senilai Rp1.200.000 untuk 78 Kepala Keluarga (KK) warga kampung tersebut yang dilaksanakan Selasa (23/6).

Datok Kampung Balai, Kecamatan Bendahara, M. Nuh disela-sela penyaluran BLT DD yang berlangsung di Posko Tim Relawan kampung setempat kepada Wartawan mengatakan, dari 252 KK yang tercatat sebagai warganya, penerima bantuan dari pemerintah yaitu BST sebanyak 52 KK, BPNT sebanyak 79 KK dan PKH 49 KK serta 78 KK penerima BLT DD.

“Hari ini kita salurkan BLT DD kepada 78 KK sebagai bentuk transparansi perangkat Kampung Balai, semua KK penerima bantuan dari pemerintah kita umumkan nama-namanya di baliho dengan ukuran besar, termasuk menempelkan di Posko Tim Relawan Kampung Balai,” ujar Tok Nuh.

BLT DD Sesuai Peraturan

Menurutnya, pemberian BLT-DD ini telah sesuai dengan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2020 tentang Perubahan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020.

“Kemudian, sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Covid-19 di Desa melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa,” sebut Tok Nuh.

Selain itu juga berdasarkan surat Bupati Aceh Tamiang No.414.25/2416 tanggal 28 April 2020 tentang Percepatan Penyaluran BLT Dana Desa dan Surat Bupati Aceh Tamiang No.414.25/2493 tanggal 05 Mei 2020 Tentang Penegasan Pendataan Keluarga Calon Penerima BLT-DD.

“Sasaran penerima BLT adalah keluarga miskin yang terdapat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang belum mendapatkan bantuan program pemerintah, masyarakat miskin yang belum terdata, hilang mata pencaharian akibat dampak dari COVID-19, sakit menahun atau sakit kronis,” terang Datok Balai, M. Nuh.

Sementara itu, Ketua Majelis Duduk Setikar Kampung (MDSK) Balai, Hasan Basri mengatakan, sejak penyaluran BLT DD tahap I hingga penyaluran BLT DD Tahap II dan III berjalan lancar. “ Kita selaku MDSK terus memantau penyaluran ini, Insyaallah penyaluran sesuai dengan prosedur yang telah tentukan,” tambahnya.(b15).

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2