Waspada
Waspada » Kajari Ziarah Ke Makam Jaksa Pertama Di Sabang
Aceh

Kajari Ziarah Ke Makam Jaksa Pertama Di Sabang

Suasana ziarah ke pemakaman Alm Gunung Nasution, Jaksa Pertama di Sabang. Waspada/Ist
Suasana ziarah ke pemakaman Alm Gunung Nasution, Jaksa Pertama di Sabang. Waspada/Ist

SABANG (Waspada): Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sabang Choirun Parapat, SH, MH dan jajarannya melaksanakan ziarah ke makam Kepala Kejaksaan Negeri pertama yang bertugas di Sabang, yakni Alm Gunung Nasution, SH.

Almarhum Gunung Nasution, SH merupakan Jaksa pertama yang bertugas di Sabang setelah Indonesia merdeka dari penjajahan Belanda. Yang bersangkutan semasa tugas di Sabang meninggal dunia di pulau Weh ini dan dimakamkan di pemakaman umum Jurong Marbabu, Gampong Kuta Ateuh, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang.

Kajari Sabang Choirun Parapat, SH, MH usai melaksanakan ziarah, mengatakan kepada awak media, Rabu (21/7/2021) bahwa dirinya beserta segenap jajarannya seperti pegawai Kejaksaan Negeri (Kejari) dan ibu-ibu IAD Kejari Sabang melaksanakan acara ziarah ke makam Kajari Sabang yang pertama Alm Gunung Nasution, SH.

“Alhamdulillah momen Hari Raya Idul Adha kali ini berbarengan dengan suasana Hari Adhyaksa ke 61 tahun 2021, sehingga kami bersama seluruh jajaran Kejari Sabang, dapat melaksanakan ziaran ke makam Bapak Kajari Sabang yang pertama yaitu Alm Gunung Nasution, SH,” kata Kajari Sabang, Choirun Parapat, SH, MH didampingi Kasipidsus M. Rhazi, SH.

Choirun Parapat, SH, MH menjelaskan, pelaksanaan kegiatan ziarah ke makam Alm Gunung Nasution, SH di pemakaman umum Jurong (RT) Merbabu itu, sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan atas pengabdian Alm Gunung Nasution, SH di Kejaksaan Negeri Sabang.

Kejaksaan Republik Indonesia pada bulan Juli ini merupakan bulan peringatan hari jadinya ke 61 maka, acara tersebut juga dalam rangka rangkaian peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke 61 tahun 2021, yang digelar di seluruh Indonesia dengan barbagai kegitan sosial lainnya.

Kegiatan peringatan hari jadi Adhyaksa kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena dunia sedang menghadapi masa sulit akibat adanya virus mematikan yaitu Covid-19, sehingga kegiatan-kegiatan hanya dapat dilaksanakan dengan sangat sederhana dan juga harus mengedepankan protokol kesehatan.

Pun demikian Kejari Sabang lanjut Choirun Parapat, pihaknya juga telah melakukan berbagai kegiatan sosial seperti saling membagi rezeki kepada masyarakat yang kurang mampu, dengan mengantar lansung bantuan sembako ke rumah-rumah warga masyarakat yang membutuhkan.

Selama pandemi, masyarakat menengah ke bawah sangat sulit mencari nafkah karena keterbatasan waktu dan tempat akibat Covid-19, mengingat masyarakat harus menerapkan prototol kesehatan dan mentaati PPKM Mikro. Oleh karenanya, bantuan yang disalurkan Kejari Sabang kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 diharapkan dapat meringankan beban ekonominya.

“Meski tidak seberapa, kita harapkan bantuan sosial yang kita salurkan kiranya, dapat meringankan beban masyarakat dimasa pendemi ini,” harapnya.

Seperti diketahui bahwa Kepala Kejaksaan Negeri Sabang pertama yang ditempatkan Pemerintah Republik Indonesia, setelah negeri ini bebas dari penjajahan Belanda adalah Alm Gunung Nasution, SH, yang menjabat dari tahun 1954 hingga 1960. (b.18)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2