Kades Se-Abdya Dilatih Pengelolaan Informasi

Kades Se-Abdya Dilatih Pengelolaan Informasi

- Aceh
  • Bagikan
Asisten II Bidang Perekonomian Pembangunan Setadakab Abdya, Ir Moch Tavip MM, saat membuka kegiatan pelatihan khusus tentang pengelolaan informasi administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, yang diikuti para Kades dan para petugas registrasi desa se-Abdya di aula Teungku Dikila Bappeda, kompleks perkantoran Bukit Hijau, Blangpidie. Foto direkam Selasa (27/7). Waspada/Syafrizal
Asisten II Bidang Perekonomian Pembangunan Setadakab Abdya, Ir Moch Tavip MM, saat membuka kegiatan pelatihan khusus tentang pengelolaan informasi administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, yang diikuti para Kades dan para petugas registrasi desa se-Abdya di aula Teungku Dikila Bappeda, kompleks perkantoran Bukit Hijau, Blangpidie. Foto direkam Selasa (27/7). Waspada/Syafrizal

BLANGPIDIE (Waspada): Para Kepala Desa (Kades), serta para petugas registrasi desa, yang ada dalam Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Selasa (27/7), mengikuti pelatihan khusus tentang pengelolaan informasi administrasi kependudukan dan pencatatan sipil.

Pelatihan dan sosialisasi khusus terhadap para Kades dan para petugas registrasi desa itu, diselenggarakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Abdya, berlangsung di aula Teungku Dikila Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Abdya, kompleks perkantoran Bukit Hijau, Blangpidie, yang dibuka oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdakab, Ir Moch Tavip MM.

Kadisdukcapil Abdya Jamaluddin S.Pd dalam laporannya menyebutkan, kegiatan yang dilaksanakan pihaknya hari itu, bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, dalam hal pencatatan sipil. Seperti pelaksanaan pelayanan administrasi kependudukan, mengelola dan menyajikan laporan kependudukan di tingkat desa dengan memperhatikan aspek pemilahan data.

Mempercepat pengurusan dokumen administrasi kependudukan dan penjangkauan, kepada penduduk yang rentan, yang tidak mendapatkan akses dokumen administrasi kependudukan. “Kegiatan ini, juga dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat, dibidang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, menuju masyarakat yang tertib, pemerintahan yang efektif dan efisien,” sebut Jamaluddin.

Menurutnya, pengurusan administrasi kependudukan, pencatatan data penduduk suatu daerah, yang melalui sistem informasi administrasi kependudukan, menjadi tanggung jawab Pemkab, dalam hal ini Disdukcapil Abdya. Dalam pelaksanaannya, diawali dari desa sebagai awal dari pendataan penduduk disuatu daerah.

Selanjutnya, data-data tersebut akan disimpan kedalam satu basis data, yang terintegrasi secara nasional melalui jaringan internet. Data-data tersebut, menjadi sumber basis data kependudukan secara nasional, yang selanjutnya menjadi tanggung jawab pemerintah pusat, sesuai dengan Undang-Undang (UU) nomor 23 tahun 2006, tentang administrasi kependudukan.(b21)

 

  • Bagikan