Kader Terbaik Meninggal, BKPRMI Berduka - Waspada

Kader Terbaik Meninggal, BKPRMI Berduka

- Aceh
  • Bagikan
PELEPASAN: Tiga putra almarhum Agussalim, mendampingi jenazah ayahnya ketika prosesi pelepasan di rumah duka di Desa Blang Paoh Sa, Julok, Aceh Timur, Jumat (30/7). Waspada/M. Ishak
PELEPASAN: Tiga putra almarhum Agussalim, mendampingi jenazah ayahnya ketika prosesi pelepasan di rumah duka di Desa Blang Paoh Sa, Julok, Aceh Timur, Jumat (30/7). Waspada/M. Ishak

 

IDI (Waspada): Selain menjabat sebagai Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar (Kabid P-SD) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Timur, almarhum Agussalim, semasa hidupnya juga tercatat sebagai kader terbaik Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI).

“Kanda Almarhum Agussalim, bukan hanya kader terbaik BKPRMI di DPK Julok, tapi beliau juga pengurus aktif di DPD BKPRMI Aceh Timur Periode 2020-2024. Namun saat ini beliau sudah kembali menghadap Allah SWT,” kata Ketua DPD BKPRMI Aceh Timur Tgk Muhammad Isa, kepada Waspada.id, Sabtu (31/7).

Sebagai pengurus, Isa mengaku berduka sedalam-dalamnya. Bahkan dia mengaku kini telah kehilangan salah satu kader terbaik dalam kepengurusan BKPRMI. Padahal, selama ini keberadaan Agussalim dalam kepengurusan ormas Islam itu sangat terbantu terlaksananya berbagai agenda yang menjadi rutinitas para majahid masjid di Aceh Timur.

“Semoga Allah menempatkan disisi-Nya, amin. Begitu juga dengan keluarga yang ditinggalkan, baik istri dan anak-anaknya agar tabah menghadapi ujian dan cobaan ini,” timpa Isa, seraya mengharapkan agar seluruh kader baik di DPK maupun DPD mendoakan kelapangan kubur untuk almarhum almarhum Agussslaim selaku Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Antar Kecamatan BKPRMI Aceh Timur.

Sebelum masuk dalam kepengurusan DPD BKPRMI Aceh Timur, Agussalim juga sempat menjadi pengurus DPK BKPRMI Julok. Bahkan, ketika itu beliau dikenal sosok guru SMPN 1 Julok, yang dekat masjid dan aktif dalam memakmurkan masjid. Setelah menjadi pengawas sekolah dan seterusnya dilantik sebagai Kabid P-SD Disdikbud Aceh Timur, Agussalim kembali terlibat dan aktif dalam kepengurusan DPD BKPRMI Aceh Timur.

Sebagaimana diketahui, Agussalim meninggal dunia di kediamannya di Desa Blang Pauh Dua, Kecamatan Julok, Aceh Timur, Jumat (30/7) sekira pukul 08:15. Almarhum meninggalkan seorang istri dan tiga putra yang masih menimba ilmu pengetahuan, baik Sekolah Dasar (SD), SMP dan Perguruan Tinggi (PT).

Ratusan jamaah ikut melayat dan mengantarkan kepergian almarhum Agussalim, bahkan terlihat sejumlah pengurus DPD BKPRMI Aceh Timur ikut mengangkat jenazah almarhum dan menyalatkannya, seperti Tgk M Isa dan Cek Mad, M Rizal, Hastami, Yanwar Firki, Ahmad Zaky Yamani, dan sejumlah pengurus lainnya.

Usai pelepasan dan disalatkan, lalu jenazah almarhum Agussalim, dibawa pulang ke kampung kelahirannya di Simpang Mulieng, Kabupaten Aceh Utara. Ratusan sahabat, dan teman serta mitra kerjanya ikut mengiringi proses dikebumikannya Agussalim di kabupaten tetangga itu. “Dibawa pulang ke kampung kelahirannya ke Aceh Utara, disana dikebumikan,” kata M Rizal, adik angkat almarhum Agussalim.

Kehilangan

Bukan hanya di kalangan DPD BKPRMI Aceh Timur, namun sebagai masyarakat biasa juga kepergian Agussalim, sangat terasa, karena keberadaannya di tengah-tengah masyarakat Julok, juga sangat aktif dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan. “Kami merasa kehilangan sosok dermawan yang juga tokoh masyarakat, apalagi beliau aktif di bidang keagamaan dan sosial kemasyarakatan,” ujar Tgk H Nurdin atau Ayah Din, warga Julok. (b11)

 

  • Bagikan