Waspada
Waspada » Jangan Ganggu Konsentrasi Belajar Dengan Penerimaan Murid Baru
Aceh

Jangan Ganggu Konsentrasi Belajar Dengan Penerimaan Murid Baru

 

BIREUEN (Waspada): Jangan gangu konsentrasi belajar dengan penerimaan murid baru. Penegasan tersebut baik untuk Sekolah Taman Kanak Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP). Ujianpun belum dilaksanakan bagaimana dengan penerimaannya.

Demikian Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bireuen, Muhammad Nasir, Jumat, (26/3) sore kepada Waspada, di kantornya.

“Penerimaanya serentak dilaksanakan, 20 Mei 2021, setelah lebaran itu berlaku baik sekolah negeri maupun swasta. Sekarang baru mau ujian minggu depan medatang, yang sudah menerima ya sudahlah, bagi yang belum di stop dulu,” katanya.

Dijelaskan, untuk penerimaan murid di sebuah sekolah harus berdasarkan daya tampungnya serta harus memperhatikan fasilitas, mobiler dan ruangan belajar. Bagi SMP satu rombel 32 pelajar, SD 28 murid tidak boleh lebih dari yang sudah ditentukan jangan memaksakan menerima dengan sebanyak banyaknya, sementara daya tampung di tempat pendidikan tersebut tidak cukup.

“Waktu belajarnya masih panjang, seperti kemarin ada sekolah swasta yang mengatakan tidak cukup waktunya proses seleksinya, padahal waktunya sebulan lebih saat penerimaan nantinya,” jelas Muhammad Nasir.

Saat ditanyakan, bila anda sekolah yang melanggar apa sangsi yang diberikan, Dia menjawab, untuk saat Ini tidak memberikannya dan apa bila kedepan hal tersebut terjadi tahun ke tahun terus menerus terjadi, pihaknya baru memberikan sangsinya sesuai dengan yang dilanggarnya.

“Bila ini nantinya dilanggar lagi tahun depan kita akan memberi sangsi dan sesuai dengan kewenangan saya, yang sekolah swasta izin operasionalnya
kita stop,” tegas Kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bireuen, Muhammad Nasir. (Cb02)

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bireuen, Drs Muhammad Nasir M,Pd, Jumat (26/3). Waspada/Fauzan

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2